Senin, 16 Juli 2018
Follow:
Home
5 Tips Memasak di Akhir Pekan
Minggu, 18/03/2018 - 17:11:20 WIB
  Ilustrasi
 

JAKARTA- Memasak jadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terkasih di akhir pekan. Walau membutuhkan keahlian, memasak sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Agar dapat memasak dengan menyenangkan dan menghasilkan hidangan yang lezat, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips ini diberikan oleh koki andal Ragil Imam Wibowo.

1. Hidangan yang sederhana

Pria yang akrab disapa Chef Ragil itu menyarankan bagi pemula sebaiknya memasak hidangan yang sederhana dengan durasi pembuatan maksimal 30 menit. Makanan yang sederhana dibuat dengan bahan dan juga cara yang sederhana sehingga lebih memudahkan dalam proses memasak.

"Bisa masak apa saja, tapi kalo untuk yang baru mulai masak carilah makanan yang sederhana yang maksimal setengah jam," kata Chef Ragil di Jakarta beberapa waktu lalu.

2. Persiapkan bahan

Bahan merupakan komponen penting dari masakan untuk mendapatkan rasa yang lezat. Bahan-bahan ini bisa didapatkan di pasar tradisional atau swalayan. Jika ingin memasak makanan western, beberapa bahan dan bumbu tersedia di online atau bisa diganti dengan bumbu lokal.

3. Tiru media sosial

Menurut Chef Ragil, sosial media seperti Instagram atau laman YouTube dapat menjadi referensi untuk memilih hidangan yang sederhana dan cepat. Chef Ragil menilai teknik yang digunakan di media sosial itu sudah benar. Soal rasa, bisa disesuaikan.

"Dari segi teknik itu meyakinkan, tinggal masalahnya bayangan rasa yang diinginkan diterjemahkan ke masakan," ujar Ragil yang baru saja mendapatkan penghargaan Chef of the Year dari Jakarta's Best Eat Awards 2018.

4. Gambaran rasa

Agar mendapatkan rasa yang nikmat, Chef Ragil menyarankan untuk memperbanyak pengetahuan soal rasa. Semakin banyak rasa yang dicoba, masakan bakal semakin kaya. Latihan juga diperlukan supaya rasa makanan semakin pas. "Harus sering latihan dan punya gambaran rasa asamnya, manisnya, asinnya, supaya lidah terdidik buat tahu rasa apa yang dicari," ucap Chef Ragil.

5. Persiapkan mental

Bagi Ragil, dalam memasak juga harus mempersiapkan mental untuk menerima hasil masakan dan juga membersihkan alat dan dapur. "Masak itu sebenarnya gampang yang paling enggak gampang itu bersih-bersihnya, jadi itu yang harus disiapkan mental," ujar Ragil. (cnn)

 
Berita Terbaru >>
Ternyata Keripik Ubi Ungu Indonesia Camilan Terbaik Kedua di AS
Keracunan Massal di Kampar Disebabkan oleh Bakteri
Selama Operasi Pengamanan Asian Games, 11 Orang Ditembak Mati
UAS Bakal Tabligh Akbar di Bengkalis, Rekayasa Lalin Diberlakukan
KPK Amankan Rp500 Juta dari OTT Anggota DPR Eni Maulani
400 Pedagang Penuhi Jalur CFD Pekanbaru Tiap Minggu
Masih Terbuka Kesempatan Menjadi Mahasiswa Unri Melalui Jalur Mandiri
Hari Ini Terdeksi 32 Hotspot di Sumatera
Tim Polresta Selidiki Kasus Penembakan di LP Pekanbaru
Bagian Depan LP Pekanbaru Dihujani 5 Tembakan oleh OTK
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com