Kamis, 20 Juni 2019
Follow:
Home
Rekomendasi KASN
Terbukti tak Netral M Noer Diberi Sanksi Moral
Senin, 19/03/2018 - 20:25:08 WIB
 
 

PEKANBARU- Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi meminta, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)  menjaga netralitas dan stabilitas politik dalam penyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada).
 
Hal ini sesuai Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)  yang disampaikannya kepada seluruh pegawai saat apel pagi dihalaman kantor Walikota Pekanbaru, Senin (19/3/2018).
 
"Upacara hari ini terasa sedikit spesial karena ada rekomendasi KASN yang harus saya sampaikan. Rekomendasi itu tentang netralitas ASN dalam menyikapi Pilkada," ujarnya
 
Lebih jauh diungkapkan Ayat Cahyadi, dari 171 daerah di Indonesia yang menyelenggarakan Pemilu Umum (Pemilu), Provinsi Riau akan melaksanakan P dua kali Pilkada, yakni pemilihan Gubernur Riau dan Pilkada Kabupaten Inhil.
 
"Intinya, dalam dua tahun kedepan 2018-2019 kita akan menghadapi tahun politik. 2018 Kepala Daerah, 2019 Pemilihan Legislatif dan Presiden. Maka oleh sebab itu KASN memerintahkan kepada seluruh ASN di Indonesia untuk menjaga netralitas dan termasuk kita yang ada di Pekanbaru," terang Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi S.Si.
 
Usai upacara, Ayat menyampaikan bahwa, selaku Plt dapat surat rekomendasi dari KASN. Dihadapan ratusan ASN Pemko Pekanbaru, Ayat harus menyampaikan bahwa ada salah satu ASN terbukti melanggar netralitas.
 
"Dalam waktu 14 hari ini, ASN yang melanggar netralitas harus menindak lanjuti sanksi moral yang ditetapkan ASN.  KASN sebelumnya sudah rapat, sidang bahkan langsung mengecek ke Bawaslu Riau terkait hal ini, jadi keputusan dari KASN jelas sudah ada dasarnya," papar Ayat.
 
Saat ditanya wartawan jumlah ASN Pemko Pekanbaru yang terkena sanksi, dijawab Ayat Cahyadi.
 
"Bukan Sekdakonya tapi HM Noer nya yang disanksi moral. Sayangnya yang bersangkutan tak hadir, jadi saya tidak tau," ungkap Ayat Cahyadi.
 
Padahal menurut Asisten Bidang Pengaduan dan Penyelidikan, Nurhasni melalui jaringan seluler kepada media, Surat Keputusan KASN harus dibacakan di depan semua ASN Pemko Pekanbaru.
 
Namun kabar dari salah satu ASN Pemko yang enggan disebutkan namanya, ada pesan berantai broadcast WhatsApp ada larangan ASN untuk tidak hadir upacara hari Senin ini. "Pesannya tadi malam, kami dilarang hadir upacara untuk tidak mendengarkan rekomendasi ASN," akunya.
 
Sebelumnya, HM Noer mengeluarkan statment pada media tidak bersalah dalam kasus dugaan keterlibatan dirinya dalam Pilkada 2018, bahkan HM Noer menyebutkan, jika hasil pemeriksaan dirinya oleh tim penyidik dari Kemenpan RB, Kemendagri, dan Komisi ASN tidak ditemukan adanya pelanggaran.
 
HM Noer juga menyampaikan, jika tim penyidik sepakat tidak menemukan ada pelanggaran terhadap UU ASN dan PP 53 maupun UU Pilkada. Dihadapan awak media, HM Noer pun menyampaikan sejumlah alasan yang menjadi dasar dirinya diputuskan tidak bersalah.
 
Namun pernyataan yang disampaikan oleh M Noer tersebut dibantah oleh Asisten KASN Bidang Pengaduan dan Penyelidikan, Nurhasni saat menyambangi kantor Bawaslu Riau, pada Rabu (14/2). Nurhasni, menegaskan, bahwa hingga saat ini ia berkoordinasi dengan Bawaslu Riau untuk mengumpulkan sejumlah dokumen.
 
Menindaklanjuti sanksi yang diterima, Sekdako Pekanbaru, HM Noer ketika dikonfirmasi melalui telefon genggamnya, Senin (19/3/2018), belum berhasil dihubungi, pesan singkat yang dikirim melalui whatsApp, tidak ada tanggapan, hingga berita ini diterbitkan.(*)

 
Berita Terbaru >>
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
Kerjasama Indonesia-Korea Sektor LHK akan Libatkan Universitas Lancang Kuning
Ini Dia Para Jawara LKJ PWI Riau-KLHK dengan Total Hadiah Rp115 Juta
Sedang Transaksi, Polisi Ciduk Dua Pria Pengedar 1 Kg Sabu di Dumai
Manfaat Dibalik Pahitnya Daun Pepaya
Shakira, Kecantikan dan Keindahan Tubuh yang Tak Lekang
Pedoman Sederhana Mengetahui Hadits Shahih
Presiden Serahkan Penjaringan Calon Pimpinan KPK Kepada Pansel
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com