Rabu, 20 Maret 2019
Follow:
Home
Wujudkan KLA, Pekanbaru Menginisiasi Pelibatan Forum Anak
Senin, 26/03/2018 - 15:24:33 WIB
  Bukhairo
 

PEKANBARU-Komitmen dan pemahaman para pemangku kebijakan dalam menghargai setiap pandangan anak menjadi penting dalam membuka lebih banyak ruang partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Pekanbaru, Mahyuddin melalui Kabid Pemenuhan Hak Anak (PHA) Bukhairo kepada awak media, Senin (26/3).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas partisipasi anak melalui peningkatan kapasitas anak serta mendorong para pemangku kebijakan untuk mulai menghargai dan mengambil inisiatif pelibatan anak pada pengambilan kebijakan terkait anak.

"Selama ini, forum anak telah secara berkesinambungan ditingkatkan kapasitasnya, tetapi harus dipahami bahwa upaya pelibatan anak juga harus disertai pemahaman dan komitmen yang baik dari berbagai pemangku kebijakan terkait anak. Oleh karena itu, inisiasi pelibatan anak dalam pembangunan ini mencoba menawarkan alternatif mekanisme bagi pemerintah daerah dalam melakukan sinkronisasi kebijakan dan program/kegiatan terkait anak dengan anak-anak," katanya.

Kedepan, harapannya, model partisipasi ini dapat menjadi bagian dari konsultasi anak yang dilakukan oleh para pemangku kebijakan dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi program/kegiatan.

"Sebagai informasi, Kota Pekanbaru sudah melibatkan Forum Anak dalam Musrenbang tahun 2018, baik Musrenbang tingkat Kota, Kecamatan maupun tingkat Kelurahan. Gunanya yakni menampung aspirasi forum anak ini dalam pembangunan," ujarnya lagi.

Dengan terselenggaranya musrenbang ini menjadi wadah bagi anak untuk mengungkapkan harapan dan kebutuhan demi kesejahteraan anak.

"Seperti halnya musrenbang tahun lalu, banyak harapan dan keinginan yang disampaikan Forum Anak Pekanbaru antara lain adanya pembangunan taman bermain anak, tersedianya tempat belajar reprensentatif, ruang kreatifitas anak dan Internet sehat di kota Pekanbaru," bebernya.(rls)

 
Berita Terbaru >>
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com