Rabu, 19 Juni 2019
Follow:
Home
Wujudkan KLA, Pekanbaru Menginisiasi Pelibatan Forum Anak
Senin, 26/03/2018 - 15:24:33 WIB
  Bukhairo
 

PEKANBARU-Komitmen dan pemahaman para pemangku kebijakan dalam menghargai setiap pandangan anak menjadi penting dalam membuka lebih banyak ruang partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Pekanbaru, Mahyuddin melalui Kabid Pemenuhan Hak Anak (PHA) Bukhairo kepada awak media, Senin (26/3).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas partisipasi anak melalui peningkatan kapasitas anak serta mendorong para pemangku kebijakan untuk mulai menghargai dan mengambil inisiatif pelibatan anak pada pengambilan kebijakan terkait anak.

"Selama ini, forum anak telah secara berkesinambungan ditingkatkan kapasitasnya, tetapi harus dipahami bahwa upaya pelibatan anak juga harus disertai pemahaman dan komitmen yang baik dari berbagai pemangku kebijakan terkait anak. Oleh karena itu, inisiasi pelibatan anak dalam pembangunan ini mencoba menawarkan alternatif mekanisme bagi pemerintah daerah dalam melakukan sinkronisasi kebijakan dan program/kegiatan terkait anak dengan anak-anak," katanya.

Kedepan, harapannya, model partisipasi ini dapat menjadi bagian dari konsultasi anak yang dilakukan oleh para pemangku kebijakan dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi program/kegiatan.

"Sebagai informasi, Kota Pekanbaru sudah melibatkan Forum Anak dalam Musrenbang tahun 2018, baik Musrenbang tingkat Kota, Kecamatan maupun tingkat Kelurahan. Gunanya yakni menampung aspirasi forum anak ini dalam pembangunan," ujarnya lagi.

Dengan terselenggaranya musrenbang ini menjadi wadah bagi anak untuk mengungkapkan harapan dan kebutuhan demi kesejahteraan anak.

"Seperti halnya musrenbang tahun lalu, banyak harapan dan keinginan yang disampaikan Forum Anak Pekanbaru antara lain adanya pembangunan taman bermain anak, tersedianya tempat belajar reprensentatif, ruang kreatifitas anak dan Internet sehat di kota Pekanbaru," bebernya.(rls)

 
Berita Terbaru >>
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
Kerjasama Indonesia-Korea Sektor LHK akan Libatkan Universitas Lancang Kuning
Ini Dia Para Jawara LKJ PWI Riau-KLHK dengan Total Hadiah Rp115 Juta
Sedang Transaksi, Polisi Ciduk Dua Pria Pengedar 1 Kg Sabu di Dumai
Manfaat Dibalik Pahitnya Daun Pepaya
Shakira, Kecantikan dan Keindahan Tubuh yang Tak Lekang
Pedoman Sederhana Mengetahui Hadits Shahih
Presiden Serahkan Penjaringan Calon Pimpinan KPK Kepada Pansel
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com