Senin, 25 Maret 2019
Follow:
Home
Kampanye di 'Negeri Kelapa' Ini Harapan Warga kepada Pasangan Firdaus-Rusli
Selasa, 27/03/2018 - 16:31:00 WIB
 
 
TERKAIT:
 
 

TEMBILAHAN - Masih banyak persoalan yang harus diselesaikan di Kabupaten Indragiri Hilir, hal ini pula yang menjadi pekerjaan rumah bagi para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang nantinya terpilih memimpin bumi Lancang Kuning ini.

Hal ini pula yang ditemui oleh pasangan Dr H Firdaus ST MT bersama H Rusli Effendi saat melakukan kunjungan dan kampanye di sejumlah tempat di daerah yang terkenal dengan perkebunan kelapanya ini.

Dalam beberapa kesempatan, setidaknya ada sejumlah persoalan pokok yang harus diselesaikan andai nanti mereka didukung warga dan terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang baru.

Sejumlah persoalan utama itu diantaranya, masalah infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan daerah-daerah di Indragiri Hilir, seperti daerah lainnya di Riau, persoalan ini memang harus menjadi perhatian serius, baik oleh pemerintah daerah, provinsi dan juga pusat.

Selanjutnya ada persoalan harga kelapa atau kopra yang belum sesuai dengan harapan amsyarakat, padahal diketahui Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Diketahui hampir separuh masyarakat Inhil mengantungkan hidupnya pada kelapa.

Oleh sebab itu pula, tidak sedikit masyarakat yang menjerit apabila harga kelapa turun, karena otomatis penghasilan yang didapatkan masyarakat tentu terganggu, ditambah kebutuhan sehari-hari terus mengalami peningkatan. Diketahui harga jual kelapa di tingkat petani yang sempat pernah bertengger diharga  Rp3.400/kilo kini terjun bebas hingga hanya berkisar Rp1.300/kilo.

Lalu, ada persoalan air bersiih yang hingga kini belum teratasi, keberadaan PDAM dirasa warga belum maskimal, di sebagian wilayah di Inhil warga membutuhkan sumur bor agar bisa memenuhi kebutuhan harian mereka. Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok warga.

Ada juga masalah listrik yang masih menjadi masalah klasik yang hingga kini belum mampu diselesaikan, di Inhil rasio elektrifikasi listrik PLN masih di angka 40 persen, masih jauh dari harapan, karena masih begitu banyak warga yang membutuhkan penerangan dari listrik PLN.

Abah Afrizal selaku Koordinator Pemenangan Firdaus-Rusli untuk Indragiri Hilir Bagian Tengah dan Utara menyebut masyarakat disini punya sejumlah keinginan yang diharapkan bisa dibantu oleh pasangan Firdaus-Rusli nanti jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nanti. "Persoalan utama disini soal air bersih, disini jarang hujan, PDAM juga tak maksimal, masyarakat minta dibuatkan sumur bor," ujarnya.

Selain itu ada persoalan harga kopra yang masih belum stabil, masyarakat tak minta banyak, mereka hanya mau harga stabil lagi seperti dulu, karena perekonomian warga bergantung kepada sektor ini. "Juga masalah infrastruktur jalan serta listrik, disini PLN masih sering mati," sebutnya.

Kemudian soal nelayan, di sebagian daerah mayoritas warganya adalah nelayan, namun hingga kini, nelayan di Inhil dan Riau kesejahteraannya masih jauh dari harapan, belum lagi banyaknya regulasi yang kini membatasi ruang gerak nelayan yang pada akhirnya membuat hasil tangkapan mereka berkurang.

Koordinator Tim Relawan Firdas-Rusli Inhil Tengah, Syafriansah yang mewawakili para nelayan menyebut kalau hampir 90 persen warga Concong adalah nelayan, dan perekonomian mereka sangat bergantung kepada laut, namun kini perekonomian mereka terganggu karena adanya sejumlah regulasi yang membatasi ruang gerak mereka.

Akibat dari penerapan aturan tersebut perekonomian warga mulai jatuh, sehingga bisa dilihat banyak kapal yang  parkir di beberapa titik seperti di Sungai Buluh, Sungai Belah, Concong, Jajang Luar, Jajang Dalam dan Kuala enok.

Nah, akibat dari semua masalah ini dan masalah lainnya, diketahui kalau Inhil merupakan salah satu daerah di Riau yang tingkat kemiskinannya masih sangat tinggi, tentu ini menjadi perhatian para calon pemimpin Riau khususnya Firdaus-Rusli untuk mengejar ketertinggalan di berbagai bidang, terutama nanti berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Menanggapi semua persoalan itu, Firdaus menyebut pihaknya sangat memahami apa yang dialami oleh masyarakat di Inhil, dari sejumlah kunjungannya ke Inhil, Firdaus juga bisa tahu apa yang nantinya yang akan ia lakukan andai dipercaya warga untuk memimpin Riau ini. Tanpa banyak mengumbar janji, Firdaus-Rusli mengajak warga Inhil untuk mendukungnya agar nanti bersama-sama membangun Indragiri Hilir.

''Doakan kami, semoga kami bisa menjalankan amanah untuk membangun Riau lebih baik,'' harap Firdaus.

Keyakinan Firdaus-Rusli juga diamini oleh Ketua DPC PPP Kabupaten Inhil, Agus Salim beberapa waktu lalu, ia meyakini duet antara pasangan yang berlatar belakang ahli di bidang insfrastruktur dan tenaga pendidikan akan mampu mengatasi persoalan yang kini dihadapi warga Inhil.

Dengan melihat latar belakang Dr H Firdaus MT yang merupakan seorang ahli di bidang insfrastruktur, Agus Salim yakin hal ini akan diselesaikan oleh pasangan nonor urut tiga ini. Dengan akses terbuka, kata Agus, tentu kegiatan ekonomi masyarakat dapat meningkat. (*)

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com