Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
Home
Perluas Wawasan Berorganisasi, IKTS Pekanbaru Gelar Seminar Motivasi
Jumat, 06/04/2018 - 07:38:47 WIB
 
 

PEKABARU-  Untuk memperluas wawasan serta pengetahuan para pengurus dalam berorganisasi, Ikatan Keluarga Tionghua Selatpanjang dan Sekitarnya (IKTS) Pekanbaru menggelar seminar motivasi di Sekretariat Komplek Mahkota, Jalan Tanjung Datuk Pekanbaru, Kamis (5/4/2018).

Seminar yang bertema "Membangun  Karakter dan Komunikasi  Cerdas dalam Beroganisasi" ini  menghadirkan tiga narasumber dari berbagai bidang dan diikuiti oleh seluruh pengurus IKTS Pekanbaru.

Ketua  IKTS Pekanbaru, Armanto mengatakan seminar ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan para pengurus dalam berorganisasi.

"Kita ingin mengisi pengetahuan mereka yang tingkat pendidikannya masih bervariasi, ini tentu  perlu masukan - masukan serta vitamin lain," kata pria yang biasa disapa pak Ahok ini.

Ahok menyebut jika seminar yang dilaksanakan membuahkan hasil yang bagus, kedepan akan diupgrade ke tingkat yang lebih tinggi. "Nantinya akan kita lanjutkan ke taraf pengurus inti seperti para dewan. Dan kita  akan memotivasi dengam program yang berbeda," imbuhnya.

Ahok menambahkan, nantinya seminar motivasi ini akan diadakan secara berkesinambungan.

Seminar  motivasi ini menampilkan para narasumber yang mumpuni dibidangnya. Seperti Randi Tunggeleng, SE dari Jakarta, merupakan host dan narasumber di program tv dan radio, moderator dan MC diratusan acara nasional dan internasional, juri lomba public speaking dan menulis artikel serta lainnya.

Selanjutnya Michael Halim Ba Hons merupakan motivator, dosen dan pelaku bisnis.  Serta pembicara ketiga Halilis Poh An  merupakan dosen dan guru yoga.

Dalam pemaparannya, Randi  Tunggeleng menjelaskan untuk menjadi manusia berkualitas diperlukan karakter, pengetahuan dan keterampilan. Ia juga mengatakan pentingnya kejujuran dalam berorganisasi, terutama organisasi sosial.

"Sifat lainnya yang diperlukan adalah rasa tanggung jawab, kerjasama yang baik, menjadi teladan bagi orang lain, memberikan pelayanan dengan baik, selalu menginspirisai banyak orang, mau belajar dan mengembangkan diri," terang pembicara di perusahaan dan organisasi di Indonesia dan internasional ini.

Sementara Michael Halim,  Branch Manager  di salahsatu perusahaan swasta ini mengungkap yang terpenting dalam membangun karakter, kita harus kembali pada sifat dan prilaku masing - masing.

"Kita sudah menguasai satu hal penting dan harus ada prilaku yang melandasinya itu apa.  Jadi itu adalah satu sikap yang sudah terbentuk sebelumnya dan akan terbawa sampai kemana pun kita. Hanya saja kita menunggu karakter itu sudah sesuai standar atau belum, jika belum kita akan mengupayakan mengupgrade," ujar pria oriental ini.

Dosen di salah satu perguruan tinggi ini menjelaskan, ada  beberapa langkah dalam membangun karakter yakni 4 M. Pertama mengenal diri sendiri, memahami, mensyukuri dan menghargai diri sendiri.

"Artinya kita tak ada rasa minder. Misalnya orang lebih pintar dari kita sehingga membuat kita down. Tidak perlu sebab kita sama sempurna tidak ada anggota tubuh yang cacat.  Jadi sama halnya karakter yg kita maksud ini,  kita sudah kenal kita memahami mensyukuri.  Apa yang menjadi kekurangan itu yang menjadi pelajaran buat kita," imbuh Michael Halim.

Pada sesi terakhir Halilis Poh An, mengungkap langkah awal menumbuhkan kepercayaan diri tidaklah sulit.  Bisa meminta saran dari orang lain atau melakukan perubahan dengan tekad sendiri.

"Kita mulai berubah dari bangun pagi. Kapan harus  memulainya..? ya dari sekarang," kata instruktur yoga ini.

Wanita berambut panjang ini juga memberikan tips bagaimana agar bisa percaya diri berbicara di depan umum. Menurutnya yang paling efektif selain melatih diri sendiri bisa juga dengan mengikuti berbagai seminar.

"Namun jika sudah ikut seminar jangan hanya sekedar ikut. Kita  harus mengerti dan melihat serta mempraktekkannya," ujar Halilis.

Selain itu kata Halilis,  semangat yang kuat juga diperlukan dalam membangun kepercayaan diri.  Jika bersemangat kita akan selalu tersenyum dan tak perlu takut lagi terlihat jelek.  Selanjutnya  apapun yang kita lakukan harus dari dalam diri kita, sebab yang lain hanya nilai plus saja.

"Yang penting dari dalam kita olah sendiri, mulai dari  jaga sikap, jaga makan, jaga prilaku dan akhirnya dia akan cantik secara otomatis," ujarnya. (Win)

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com