Rabu, 20 Juni 2018
Follow:
Home
IDI Periksa Ulang Bukti Pelanggaran Etik Dokter Terawan
Senin, 09/04/2018 - 15:47:22 WIB
  Penasehat Dewan Pertimbangan IDI Abdul Razak Thaha
 

JAKARTA- Penasihat Dewan Pertimbangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Abdul Razak Thaha mengatakan pihaknya bakal mengecek ulang bukti yang dimiliki Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) terkait putusan pemecatan terhadap Direktur RSPAD Dokter Terawan.

"Sehingga sangat tidak adil jika Jumat lalu pembelaan dan kita putuskan sekarang. Akan ada banyak yang diverifikasi dan diimbangi dengan keputusan sidang," kata dia, di Gedung IDI, Jakarta, Senin (9/4).

Thaha menjelaskan bahwa kasus Dokter Terawan sudah diproses sejak lama. Praktik sistem Digital Substraction Angiogram (DSA) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Brain Wash sudah dilakukan sejak tahun 2011.

Metode ini dilakukan Dokter Terawan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah di otak atau stroke. "Sejak tahun 2015 sebenarnya sudah pendekatan ke dokter Terawan soal kasus ini," ungkap dia.

Namun pada Januari 2018 kasus ini kembali dilaporkan dan ditindaklanjuti. MKEK sudah mengeluarkan dokumen putusan pelanggara etika yang dilakukan oleh dokter Terawan.

"Nah Jumat kemarin dokter Terawan baru melakukan pembelaan Jumat malam tepatnya dan kami sudah dengarkan pembelaan yang merujuk untuk pembenarannya," terang dia.

Selanjutnya, Thaha tak bisa memastikan kemungkinan pencabutan izin praktek Dokter Terawan atau pun mencabut keanggotaannya dari IDI. Sementara soal penilaian teknologi yang dilakukan dokter Terawan, IDI menyerahkan kepada Kementerian Kesehatan.

"Kemungkinannya dari satu sampai nol. Dan kami hanya bergerak dibidang etika. Sementara media yang digunakan adalah kewenangan Health Technilogy Assesement [HTA]," tutup dia.(cnn)

 
Berita Terbaru >>
Wartawan Senior di Meranti Asyhari Mahmud Meninggal Dunia
Longsor Mulai Runtuhkan Bahu Jalan di Inhil
Cari Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba, Marinir Kirim Penyelam
Penumpang Kapal Tenggelam di Danau Toba Diduga Terjebak di Kapal
Arus Balik, Kendaraan Mulai Padati Kota Pekanbaru
Tips Ol-Shop Jihan Malik Menjual 30 Ribu Hijab Dalam 5 Menit
18 Penumpang KM Sinar Bangun Selamat, 1 Meninggal, Sisanya Belum Ditemukan
Tujuh Makanan Sehat Membantu Menurunkan Berat Badan
Libur Lebaran Pengunjung Danau Maninjau Sepi
Ulu Kasok Kampar Primadona Wisatawan Saat Libur Lebaran
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com