Selasa, 23 Oktober 2018
Follow:
Home
Ingin Mata Lebih 'Tajam' Konsumsi Cokelat Hitam
Rabu, 02/05/2018 - 08:51:57 WIB
 
 
TERKAIT:
 
 

KLIKRIAU.COM- Sensasi pahit cokelat hitam ternyata bukan cuma enak dimakan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa memanjakan diri dengan menyantap cokelat hitam ternyata bisa membantu meningkatkan penglihatan.

Para ilmuwan menengungkapkan bahwa konsumsi dark chocolate atau cokelat hitam akan membantu meningkatkan penglihatan. Menurut studi, orang dewasa yang makan sebatang cokelat hitam memiliki peningkatan yang signifikan dalam soal kejernihan visual dan kepekaan kontras. Hasil ini didapatkan dalam waktu yang cukup singkat yaitu dua jam setelah konsumsi.

Rekanan penulis studi Jeff C.Rabin dari University of the Incarnate Word Rosenberg School od Optometry di San Antonio dan tim mempublikasikan temuan tersebut di JAMA Ophtalmology.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Flavonoid adalah senyawa turunan tumbuhan yang dapat menambah eefek positif seperti mengurangi peradangan.

Mengutip Medical News Today, flavonoid ini bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan mata.

Para peneliti menguji efek dari cokelat hitam terhadap 30 orang dewasa sehat (sembilan pria dan 21 orang wanita) dengan usia rata-rata 26 tahun. Tak ada subyek peneliti yang memiliki riwayat penyakit mata.

Dalam dua sesi terpisah, setiap peserta diminta untuk menyantap sebatang kecil cokelat hitam yang mengandung 316,3 miligram flavanol, dan juga sebatang cokelat susu kecil yang mengandung 40 miligram flavanol.

Partisipan survei tak diberitahu tentang jenis cokelat yang mereka konsumsi dalam tiap sesinya.

Setelah 2 jam, semua responden menjalani proses pengujian visual. Hasilnya, ada peningkatan sensitivitas kontras visual atau kemampuan membaca huruf besar dan kecil pada kontras yang berbeda setelah menyantap cokelat hitam dibanding saat makan cokelat susu.

Ada teori yang disampaikan terkait kemungkinan ini.

"Peningkatan kemampuan retina, jalur visual, dan atau aliran darah serebral bisa menjadi kontributor karena meningkatkan bioavailabilitas oksigen dan nutrisi secara metabolik," tulis peneliti.

Responden juga mengalami sedikit peningkatan dalam ketajaman visual. Hanya saja sampai saat ini belum jelas berapa lama peningkatan visual ini akan bertahan.

"Temuan yang dilaporkan menunjukkan bahwa dosis tunggal cokelat hitam meningkatkan visibilitas dalam waktu dua jam dibanding cokelat susu. Namun durasi dan relevansi klinis masih belum dipastikan," tulis mereka. (*)

 
Berita Terbaru >>
Jenis Senyulong, Buaya yang Muncul di Sungai Siak Tidak Berbahaya
26 Ormas Melaporkan Aksi Pembakaran Bendera Berkalimat Tauhid di Garut
Tingkatkan PAD Online, KPK Kumpulkan Lima Kabapenda di Bank Riau Kepri
Gandeng IZI, Muslim PTPN V Sumbang Korban Bencana Lombok dan Sulteng
Masa Penahanan Ratna Sarumpaet Diperpanjang
Rampok Bersenpi Rampok Uang Ujang Rp500 di Kuansing
Berteriak, Gadis di Pelalawan Ini Selamat dari Percobaan Perkosaan
Cabuli Anak Tiri,‎ Seorang Petani di Desa Suka Maju Rohul Diltangkap Polisi
Cuek Pada Berita negatif, Cara David Beckham Jaga Pernikahannya
Hujan Meteor Bisa Disaksikan Dinihari Nanti di Langit Indonesia
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com