Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Kehilangan Dua Negara Sekutu, Menlu Taiwan Mundur
Sabtu, 26/05/2018 - 17:52:21 WIB
 
 

KLIKRIAU.COM- Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengajukan pengunduran diri tak lama setelah Burkina Faso mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan negara yang dianggap provinsi pembelot oleh China itu, Kamis (24/5).

"Sebagai pejabat negara, saya harus bertanggung jawab terhadap kebijakan-kebijakan. Saya telah secara lisan mengajukan pengunduran diri saya kepada Presiden Tsai Ing-wen," kata Joseph kepada wartawan dalam jumpa pers.

Burkina Faso menjadi sekutu kedua yang memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan dalam satu bulan terakhir. Joseph mengatakan pemutusan hubungan dilakukan demi "mengamankan kedaulatan dan martabat Taiwan."

Putusnya relasi resmi Taipei-Ouagadougou diyakini terjadi akibat tekanan China. Beijing selama ini menolak berhubungan diplomatik dengan negara manapun yang juga berhubungan dengan Taiwan.

Hingga kini belum jelas apakah Burkina Faso akan menjalin hubungan diplomatik dengan China. Namun, Joseph mengatakan "cepat atau lambat semua pihak akan tahu bahwa China adalah satu-satunya penyebab ini terjadi."

"Kenapa China memilih mencuri sekutu kami? Semua orang bisa melihat kami tidak hadir dalam Majelis Umum Kesehatan Dunia (WHA), tapi kami terus memperkuat hubungan dengan negara-negara lain yang memiliki pandangan yang lebih terbuka. Saya yakin China bisa melihat ini," kata Joseph seperti dikutip AFP.

Burkina Faso merupakan salah satu dari tiga negara yang memiliki hubungan resmi dengan Taiwan. Kedua negara telah menjalin kerja sama sejak 1994 silam.

Meski tak menyinggung China secara langsung, Menteri Luar Negeri Burkina Faso Alpha Barry mengatakan bahwa pemerintahnya harus memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan karena tantangan perubahan geopolitik dan ekonomi dunia saat ini.

"Hari ini, perubahan dunia dan tantangan sosial-ekonomi saat ini memaksa kami mempertimbangkan posisi kami selama ini," kata Barry melalui pernyataan.

Sebelum Burkina Faso, Republik Dominika telah lebih dulu memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada awal bulan ini, demi menjalin relasi dengan China.

Kehilangan dua sekutu dekat membuat Taiwan hanya punya satu negara Afrika yang masih menjalin hubungan diplomatik, yakni Swaziland. Di seluruh dunia, Taiwan masih memiliki hubungan kerja sama dengan 18 negara lainnya seperti Belize, Nauru, dan beberapa negara di Pasifik serta Amerika Tengah.(*)

Sumber: CNN Indonesia

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com