Rabu, 20 Juni 2018
Follow:
Home
Pemrov Riau Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila
Jumat, 01/06/2018 - 15:54:21 WIB
 
 

PEKANBARU - Pemrov Riau laksanakan upacara Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6/18), di halaman Kantor Gubernur Riau, dipimpin Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Ikut hadir Kapolda Riau Irjend Pol Nandang, Danrem 031/WB Brigjend TNI Sonny Aprianto, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Age Wiraksono dan para pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Riau. Dalam acara ini Plt Gubri membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutan tersebut dinyatakan, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

"Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia," kata Plt Gubri.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dipaparkan juga sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu diharapkan bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika adalah kunci utamanya.

"Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh," tutup Plt Gubri saat membacakan sambutan Presiden Jokowi tersebut.**/MC




 
Berita Terbaru >>
Wartawan Senior di Meranti Asyhari Mahmud Meninggal Dunia
Longsor Mulai Runtuhkan Bahu Jalan di Inhil
Cari Korban KM Sinar Bangun di Danau Toba, Marinir Kirim Penyelam
Penumpang Kapal Tenggelam di Danau Toba Diduga Terjebak di Kapal
Arus Balik, Kendaraan Mulai Padati Kota Pekanbaru
Tips Ol-Shop Jihan Malik Menjual 30 Ribu Hijab Dalam 5 Menit
18 Penumpang KM Sinar Bangun Selamat, 1 Meninggal, Sisanya Belum Ditemukan
Tujuh Makanan Sehat Membantu Menurunkan Berat Badan
Libur Lebaran Pengunjung Danau Maninjau Sepi
Ulu Kasok Kampar Primadona Wisatawan Saat Libur Lebaran
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com