Rabu, 26 Juni 2019
Follow:
Home
Sekdaprov dan Kepala BPBD Riau Tinjau Longsor Inhil
Rabu, 20/06/2018 - 17:07:32 WIB
 
 

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, H Ahmad Hijazi didampingi Edwar Sanger, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meninjau lokasi longsor di Jalan Greliya Parit 6 Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (19/6/2018).

Rombongan disambut Kepala BPBD Inhil Yuspik beserta personel yang disiagakan, Diketahui 4 unit rumah hangus terseret di bawa longsor sedangkan satu unit rumah lagi rusak parah.

Longsor di tepi pantai jalan tersebut menggangu akses jalan nasional yang baru dibangun, akibatnya separuh dari jalan nasional ditempat longsor tidak bisa dipergunakan untuk akses lalu lintas masyarakat karena di bawah jalan sudah nampak tanah yang longsor.

Sekdaprov mengimbau masyarakat yang ada di sekitar bantaran sungai agar betul-betul menyadari akan hal ini, karena pemerintah akan berusaha memperbaiki tempat longsor tersebut.

"Karena akses jalan nasional dan satu-satunya akses jalan masuk ke Tembilahan yang merupakan leher dari Kota Tembilahan. Jika jalan ini terputus maka putuslah akses jalan ke Tembilahan," ungkapnya.

Sekdaprov menambahkan terkait dengan tata ruang yang tanah pinggiran sungai yang tidak memiliki legalitas yang jelas agar ditata dengan baik. Sebab jika di biarkan maka akan tumbuh longsor kembali di tempat-tempat lain.

"Sebagai contoh sudah ada korap/dam yang dibangun, hal ini merupakan penataan ruang sungai yang baik, kita juga berharap agar Inhil menjadi Kabupaten yang menata tata ruang sungai terbaik, harus ada kesadaran bersama yang harus didorong sehingga menjadikan kawasan yang rawan bencana menjadi kawasan yang bisa menjadi tempat wisata, serta Pemerintah Kabupaten Inhil harus bisa meyakinkan masyarakat akan penataan ruang," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Edwar Sanger tetap memerintahkan kepada BPBD Kabupaten Inhil agar tetap siap siaga di lokasi untuk mewaspadai adanya longsor susulan.

"Kami dari BPBD Provinsi Riau bersama Sekdaprov hal ini akan kami usulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar diberikan Dana Siap Pakai (DSP) agar tempat longsor ini cepat diperbaiki," ungkapnya.

Edwar Sanger juga berterimakasih kepada BPBD Kabupaten Inhil yang jeli akan hal ini, dimana puluhan personel disiagakan di lokasi.**/ril

 
Berita Terbaru >>
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com