Rabu, 23 Januari 2019
Follow:
Home
Sekdaprov dan Kepala BPBD Riau Tinjau Longsor Inhil
Rabu, 20/06/2018 - 17:07:32 WIB
 
 

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, H Ahmad Hijazi didampingi Edwar Sanger, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meninjau lokasi longsor di Jalan Greliya Parit 6 Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (19/6/2018).

Rombongan disambut Kepala BPBD Inhil Yuspik beserta personel yang disiagakan, Diketahui 4 unit rumah hangus terseret di bawa longsor sedangkan satu unit rumah lagi rusak parah.

Longsor di tepi pantai jalan tersebut menggangu akses jalan nasional yang baru dibangun, akibatnya separuh dari jalan nasional ditempat longsor tidak bisa dipergunakan untuk akses lalu lintas masyarakat karena di bawah jalan sudah nampak tanah yang longsor.

Sekdaprov mengimbau masyarakat yang ada di sekitar bantaran sungai agar betul-betul menyadari akan hal ini, karena pemerintah akan berusaha memperbaiki tempat longsor tersebut.

"Karena akses jalan nasional dan satu-satunya akses jalan masuk ke Tembilahan yang merupakan leher dari Kota Tembilahan. Jika jalan ini terputus maka putuslah akses jalan ke Tembilahan," ungkapnya.

Sekdaprov menambahkan terkait dengan tata ruang yang tanah pinggiran sungai yang tidak memiliki legalitas yang jelas agar ditata dengan baik. Sebab jika di biarkan maka akan tumbuh longsor kembali di tempat-tempat lain.

"Sebagai contoh sudah ada korap/dam yang dibangun, hal ini merupakan penataan ruang sungai yang baik, kita juga berharap agar Inhil menjadi Kabupaten yang menata tata ruang sungai terbaik, harus ada kesadaran bersama yang harus didorong sehingga menjadikan kawasan yang rawan bencana menjadi kawasan yang bisa menjadi tempat wisata, serta Pemerintah Kabupaten Inhil harus bisa meyakinkan masyarakat akan penataan ruang," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Edwar Sanger tetap memerintahkan kepada BPBD Kabupaten Inhil agar tetap siap siaga di lokasi untuk mewaspadai adanya longsor susulan.

"Kami dari BPBD Provinsi Riau bersama Sekdaprov hal ini akan kami usulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar diberikan Dana Siap Pakai (DSP) agar tempat longsor ini cepat diperbaiki," ungkapnya.

Edwar Sanger juga berterimakasih kepada BPBD Kabupaten Inhil yang jeli akan hal ini, dimana puluhan personel disiagakan di lokasi.**/ril

 
Berita Terbaru >>
Pengamat: 100 Hari Kepemimpinan, Syamsuar-Edy Tidak Bisa Berbuat Banyak
Demi Rakyat, Gubri Terpilih akan Pangkas Biaya Perjalanan Dinas
Jatmiko Krisna Santosa Jabat Direktur Utama PTPN V
PASS LANTANG Riau Resmi Dikukuhkan
Saiman Pakpahan: Wakil Rakyat Riau Hanya Grup 'Paduan' Suara
Sepuluh Pejabat Pemko Pekanbaru Dikukuhkan Walikota
Wajib Pajak Curang, Perbulan Pemko Pekanbaru Rugi Ratusan Juta
Tahun ini, DPKP Pekanbaru Rancang Panggilan Cepat Smart Rescue Madani
Mulai Sore Ini Supermoon Bisa Dilihat Diseluruh Indonesia
Semua Wilayah di Pedamaran Sudah Miliki Aliran Listrik
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com