Kamis, 16 08 2018
Follow:
Home
Tempe Salah Satu Makanan Sumber Probiotik Baik untuk Pencernaan
Rabu, 25/07/2018 - 11:44:08 WIB
 
 

PEKANBARU - Makanan mengandung probiotik selain bisa melancarkan pencernaan juga untuk menambah energi dan mempercantik kulit. bahkan juga untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Biasanya yang langsung terlintas di pikiran saat bicara makanan probiotik adalah yoghurt, yang merupakan hasil fermentasi susu dan banyak dikenal sebagai sumber probiotik karena mengandung bakteri baik penyeimbang flora di usus. Tetapi yoghurt terbilang mahal untuk mereka yang kantongnya tipis.

Ternyata ada juga makanan probiotik, harganya terjangkau dan mudah diapatkan, yakni tempe, makanan khas Indonesia. Tempe yang merupakan hasil dari fermentasi kedelai juga kaya akan protein. Per potong bisa mengandung hingga 20 gram protein.

Selain yoghurt dan tempe ada lagi makanan probiotik yang bisa dikomsumsi, apa saja itu?

1. Cuka Apel

Seperti dikutip dari Women's Health Mag, cuka apel kaya akan probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Tetapi sebaiknya jangan minum langsung cuka apel karena sifatnya yang sangat asam bisa melukai lambung.

Konsumsilah cuka apel dengan mencampurkannya bersama makanan lain. Misalnya sebagai pengganti dressing salad dengan mencampurnya bersama minyak zaitun. Jumlahnya pun jangan terlalu banyak, cukup 1-2 sendok.

2. Kimchi

Makanan khas Korea Selatan ini punya citarasa asam segar dan sedikit pedas. Orang Korea biasa mengonsumsi kimchi dengan berbagai makanan sebagai pendamping.

Kimchi terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri lactic acid. Santaplah kimchi bersama nasi, daging, ayam atau dimakan langsung.

3. Acar

Acar juga merupakan sumber probiotik selain yoghurt. Biasanya menjadi pendamping makanan seperti nasi goreng, mie goreng atau isian sandwich dan burger. Meskipun sehat, acar biasanya mengandung garam yang tinggi. Jadi jangan kalap saat makan acar, ya!

4. Keju Fermentasi

Beberapa jenis keju seperti cheddar dan Gouda juga mengandung bakteri lactic acid. Keju bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau untuk isian roti. ***/zie/int

 
Berita Terbaru >>
Lima Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kampar Dilantik di Jakarta
Sekda: Devisit anggaran Sebabkan Riau Alami Masa Sulit
Dumai akan Peringati Detik Proklamasi di Taman Bukit Belanggang
BRK Raih Platinum Award Kinerja Keuangan Sangat Bagus yang ke 10
Gempa Lombok Juga Memperlihatkan Ketangguhan Manusia
Alia, Rapper Manis Berhijab Asal Amerika
Hari Ini 103 Titik Panas Terdeteksi di Riau
Penderita DBD di Pekanbaru Capai 201 Kasus
Penjelasan BMKG Soal Cuaca Pekanbaru Sangat Panas
PWI Riau Serahkan Sumbangan untuk Korban Gempa Lombok
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com