Senin, 17 Juni 2019
Follow:
Home
Terus Berinovasi BPKAD Segera Luncurkan Aplikasi SIMKASDA
Selasa, 31/07/2018 - 14:38:32 WIB
  Rahmi Fitriani
 

PEKANBARU- Untuk  memaksimalkal pelayanan kepada masyarakat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru terus berinovasi.

Dalam waktu dekat, BPKAD Pekanbaru akan meluncurkan Aplikasi SIMKASD(Sistem Informasi Manajemen Kas Daerah).

Plt Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan melalui Kepala Bidang Perbendaharaan dan Sub Bagian Program, Rahmi Fitriani, mengatakan jika Aplikasi SIMKASDA untuk menunjang kinerja BPKAD dalam pengelola keuangan kas daerah secara real time sekaligus menjadi bukti salah satu mewujudkan visi Kota Pekanbaru yang smart city yang madani.

Aplikasi ini sebagai alat pengendali dan monitoring pengelolaan kas daerah berdasarkan sumber rekening penerimaan yang masuk dan keluar dari kas daerah sehingga pengeluaran kas yang dilakukan oleh kas daerah tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukkannya dan diakses secara real time untuk kepentingan pimpinan, baik itu kepala OPD BPKAD maupun Walikota,” kata Rahmi, Senin (30/7/2018).

Rahmi menyebut informasi dan kemudahan yang dihasilkan dari SIMKASDA antara lain yakni Informasi realisasi penerimaan dan pengeluaran di kas daerah sesuai dengan rekening sumber dana penerimaan dan pengeluaran.

“Lalu Informasi posisi kas harian sesuai dengan sumber dana yang ada, informasi ketersediaan dan pada rekening kas umum daerah yang terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD), Kontrol rekening kas daerah, laporan kas daerah berdasarkan penerimaan dan pengeluaran kas berdasarkan sumber dana,” ungkapnya.

“Selain itu proses pencetakan SP2D dapat dilakukan oleh semua staf yang diberi hak akses atas aplikasi SIMKASDA dan tidak adanya pihak luar yang datang ke BPKAD Kota Pekanbaru untuk memasukkan berkas untuk pencairan,” imbuhnya.

Terakhir, Rahmi menambahkan, selain sebagai kontrol internal, BPKAD melakukan sosialisasi dengan mengundang mitra bank daerah, sehingga detik ini SIMKASDA juga telah terintegrasi dengan Kasda Online Milik Bank Daerah tersebut. Ketika dikonfirmasi Rahmi menambahkan bahwa SIMKASDA benar terintegrasi dengan Kasda Online Milik Bank RiauKepri.

“Aplikasi ini sejatinya sudah terintegrasi meskipun masih ada beberapa kendala teknis yang harus diselesaikan izin jaringannya oleh pihak Bank RiauKepri. Namun kami (BPKAD) optimis SIMKASDA bisa dijalankan secara optimal,” pungkasnya.(*)

 
Berita Terbaru >>
Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Kasus Hukum
Dua Polisi Gadungan Perkosa Gadis di Depan Pacarnya, Terjadi di Rokan Hulu
Jabatan Maruf di BUMN Diyakini Bisa Mendiskualifikasi 01
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com