Selasa, 22 Januari 2019
Follow:
Home
Karhutla di Tanjung Leban Rohil Capai 17 KM
Jumat, 17/08/2018 - 12:03:04 WIB
 
 

PEKANBARU - Luar biasa. Bentangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Teluk Nilap, Tanjung Leban dan Kepenghuluan Sei Segajah Kabupaten Rokan Hilir mencapai 17 kilo meter (KM).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Riau Brigjend TNI Sony Aprianto yang berkesempatan melakukan patroli udara di lokasi tersebut menyatakan kegeramannya.

"Tahu berapa bentangan lurusnya, bukan luas, panjangnya. 17 kilometer. Bayangkan," kata Dan Satgas Karhutla, di Makorem 031/WB, Kamis (16/8/18).

Lokasi kebakaran yang jika dilihat dari udara tersebut, sangat mengerikan. Kemudian terpantau juga, di sebelah lokasi kebakaran tersebut ada areal perkebunan sawit.

Dansatgas Karhutla yang juga Danrem 031/WB ini tak merincikan siapa pemilik lahan perkebunan yang berdekatan dengan lokasi kebakaran tersebut. Namun, Sony tak ragu menyatakan kebakaran tersebut disengaja, untuk membuka lahan baru.

"Memang ini ada unsur kesengajaan untuk membuka lahan baru," ungkapnya.

Ada pun menyinggung soal proses hukum yang sudah ditangani. Sony mengaku sudah berjumlah belasan. Mayoritas masyarakat yang memang tertangkap tangan atau pun berdasarkan hasil penyidikan.

Meski begitu, Sony enggan mengulasnya lebih jauh dan menyarankan agar mempertanyakan langsung ke pihak kepolisian.

"Kalau tahun lalu banyak dari korporasi, saat ini banyak dari masyarakat. Sebagian sudah ada P21. Tapi lebih jelasnya tanya Reskrimsus saja," ujar Dansatgas

Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, 'membara' sejak empat hari terakhir. Tim satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pun dibuat kelimpungan lantaran kebakaran melanda bersamaan di beberapa desa di Rohil, diantaranya Teluk Nilap, Tanjung Leban dan Kepenghuluan Sei Segajah.

Dansatgas Karhutla Riau, Brigjend Sony Aprianto sendiri merasa ngeri saat memantau kondisi lahan terbakar di Rohil dari udara. Pasalnya, api terus menjalar dan 'menjilat' lahan di sekelilingnya hingga 17 kilometer panjangnya.

Hasil dari pemantauannya, Dansatgas menduga kebakaran yang terjadi Teluk Nilap tersebut terjadi karena ulah tangan manusia.**/MCR

 
Berita Terbaru >>
Pengamat: 100 Hari Kepemimpinan, Syamsuar-Edy Tidak Bisa Berbuat Banyak
Demi Rakyat, Gubri Terpilih akan Pangkas Biaya Perjalanan Dinas
Jatmiko Krisna Santosa Jabat Direktur Utama PTPN V
PASS LANTANG Riau Resmi Dikukuhkan
Saiman Pakpahan: Wakil Rakyat Riau Hanya Grup 'Paduan' Suara
Sepuluh Pejabat Pemko Pekanbaru Dikukuhkan Walikota
Wajib Pajak Curang, Perbulan Pemko Pekanbaru Rugi Ratusan Juta
Tahun ini, DPKP Pekanbaru Rancang Panggilan Cepat Smart Rescue Madani
Mulai Sore Ini Supermoon Bisa Dilihat Diseluruh Indonesia
Semua Wilayah di Pedamaran Sudah Miliki Aliran Listrik
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com