Sabtu, 20 Juli 2019
Follow:
Home
Iriana Jokowi Terlihat Anggun dengan Busana Minangkabau di HUT RI ke 73
Jumat, 17/08/2018 - 12:43:10 WIB
 
 

JAKARTA - Iriana Jokowi terlihat cantik dan anggun mengenakan busana adat Minangkabau dalam upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8), meski sudah dimodifikasi.

Busana khas dengan suntiang maupun tengkuluk, penutup kepala berbentuk menyerupai atap rumah gadang diganti Iriana dengan penutup kepala berbentuk kerudung berwarna biru dongker.

Kerudung itu dihiasi benang sulam berwarna emas di bagian tepinya. Di tengah kerudung juga terdapat motif yang disulam dengan benang emas. Sebagai pemanis, Iriana juga mengenakan hiasan ikat kepala dengan perhiasan menjuntai di dahinya, pun berwarna emas.

Penutup kepala yang dikenakan Iriana itu merupakan modifikasi modern busana adat Minangkabau untuk mereka yang berhijab. Ada yang mengenakan hijab lalu ditambah tengkuluk atau suntiang, ada pula yang menggantinya dengan kerudung seperti Iriana.

Nuansa emas masih mendominasi baju batabue atau baju kurung yang ia kenakan. Baju kurung biasa memang biasanya bercorak emas. Konon, itu merupakan lambang kekayaan alam Sumatera Barat yang berlimpah. Warna itu semakin mencolok saat Iriana memadukannya dengan biru.

Baju kurung biru dongker Iriana diberi aksen emas di bagian bawah, ujung lengan dan leher. Corak di leher itu biasa disebut minsie, yang ternyata adalah simbol tertentu.

Layaknya perempuan Minang lain, Iriana melengkapi busananya dengan salempang, lambak dan perhiasan. Salempang merupakan selendang yang biasanya terbuat dari kain songket. Iriana lagi-lagi memilih selendang dengan dominasi warna emas, membuatnya makin mencolok.

Demikian pula dengan lambak atau sarung yang ia kenakan. Ia memilih sarung songket dengan dominasi benang emas yang didasari warna merah. Itu membuatnya 'sepasang' dengan sarung dan topi Jokowi yang saat itu memilih mengenakan busana adat Aceh.

Penampilan Iriana semakin anggun dengan perhiasan cincin yang tersemat di jarinya.

Ini bukan pertama kalinya Iriana mengenakan pakaian adat Minang di upacara bendera. Tahun lalu ia cantik dengan busana Minang warna merah. Namun, ia kali itu mengenakan tengkuluk.**/sumber: CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>

Kota Pekanbaru Raih Dua Penghargaan dari Kemen PPPA
Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan
Penganiaya Balita yang Makamnya Dibongkar untuk Autopsi Ternyata Ibu Kandung
ASITA Riau Tolak Program Umroh Digital
FW-KLA Diharap Mampu Bersinergi dengan Pemerintah
UNRI Buka Pendaftaran Jalur Mandiri dan Bina Lingkungan
Sanggar Selembayung Mengarak Teater Lewat 'Padang Perburuan'
Woww, Suhu Kota Bandung Capai 13 Derajat Celcius
Sebabkan Karhutla, Pria di Rawa Sekip Inhu Diamankan Polisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com