Kamis, 20 Juni 2019
Follow:
Home
Tim Darat dan Udara Kerjasama Padamkan Karhutla Lubuk Gaung Dumai
Kamis, 23/08/2018 - 16:49:01 WIB
 
 

PEKANBARU - Hari Ini, Kamis (23/8/2018),  tim udara dan darat bekerjasama memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Lubuk Gaung, Dumai. Tiga heli dikerahkan bersama tim darat yang berasal dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Manggala Agni.

Ketiga heli yang sudah sudah dikerahkan untuk menanggulangi Karhutla di Lubuk Gaung Dumai tersebut, yakni dua heli bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sikorsky dan Kamov. Kemudian ditambah lagi heli Super Puma dari Sinar Mas Forestry.

"Kita terus berusaha menekan, melakukan penanggulangan jangan sampai terus meluas. Ada tiga heli, dua Kamov dan Sikorsky serta bantuan dari Sinar Mas heli Super Puma," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Kamis (23/8/18).

Tim udara akan memprioritaskan kebakaran di titik yang sulit dijangkau tim darat,  dengan menjatuhkan 'bom air'. Peran ini sangat penting mengingat medan Karhutla jauh dari akses jalan darat. Begitu juga sebaliknya, tim darat juga menjadi penentu dalam memastikan kebakaran agar tidak meluas.

"Tim darat gabungan, baik TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni sudah sudah ditempatkan di lokasi kebakaran," ungkap Sanger.

Mantan Penjabat (Pj) Walikota Dumai ini meyakini Karhutla yang terjadi di Lubuk Gaung ini sangat mungkin ada unsur kesengajaan. Pasalnya, titik api yang sebelumnya sudah berhasil 'dijinakan' tiba-tiba dalam  dua hari terakhir kembali membara.

Kebakaran meluas ke lokasi baru secara masip. Tidak hanya di titik tertentu, tetapi meluas ke lokasi baru lagi. Artinya, jika tidak ada unsur kesengajaan tidak mungkin Karhutla yang sebelumnya sudah berhasil dipadamkan tiba-tiba kembali membakar di lokasi baru secara masip.

"Dia beda kalau kebakaran di lahan dikarenakan bara yang belum sempat padam atau karena percikan api dengan yang sengaja dibakar. Ini kebakarannya masip betul," ujar Sanger.

Selain di Lubuk Gaung, satu unit helikopter jenis MI 171 juga dikerahkan ke lokasi Karhutka yang ada di Pulau Muda, Pelalawan. Kebakaran di wilayah ini sudah berhasil diminimalisir setelah sebelumnya sempat meluas.**/mcr

 
Berita Terbaru >>
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
Kerjasama Indonesia-Korea Sektor LHK akan Libatkan Universitas Lancang Kuning
Ini Dia Para Jawara LKJ PWI Riau-KLHK dengan Total Hadiah Rp115 Juta
Sedang Transaksi, Polisi Ciduk Dua Pria Pengedar 1 Kg Sabu di Dumai
Manfaat Dibalik Pahitnya Daun Pepaya
Shakira, Kecantikan dan Keindahan Tubuh yang Tak Lekang
Pedoman Sederhana Mengetahui Hadits Shahih
Presiden Serahkan Penjaringan Calon Pimpinan KPK Kepada Pansel
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com