Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Maju Caleg, Ketua RT dan RW di Pekanbaru Harus Mundur
Jumat, 24/08/2018 - 21:15:04 WIB
  Sekdako Pekanbaru M Noer
 

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mewajibkan semua Ketua RT dan RW yang maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) harus mundur dari jabatannya sekarang.

Kebijakan ini tertuang dalam surat edaran Nomor 100/POTDA-462/VIII/2018, yang ditujukan kepada seluruh Camat yang ada di Kota Pekanbaru. Dalam surat yang dikeluarkan pada tanggal 21 Agustus 2018 dan ditanda tangani  Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer ini, tertuang 4 poin yang menerangkan perihal dilarangnya Ketua RT dan RW merangkap jabatan.

"Ya surat ini kita (Pemko Pekanbaru) keluarkan berdasarkan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 5 tahun 2007 tentang pedoman penataan Lembaga Kemasyarakatan," ujar M Noer, Jumat (24/8/2018).

Poin pertama, Ketua RT maupun RW selain dilarang merangkap jabatan, juga dilarang tercatat sebagai salah seorang anggota dari salah satu partai politik.
Poin kedua, Camat diperintahkan melakukan koordinasi dengan KPU Kota Pekanbaru, terkait siapa saja Ketua RT maupun RW yang masuk ke dalam Daftar Calon Anggota Legislatif Sementara (DCS) 2018.

Pada poin ketiga, Camat diharuskan menghentikan dengan tidak hormat (memecat) Ketua RT ataupun RW yang telah termasuk ke dalam DCS, apabila yang bersangkutan tidak mengajukan surat pengunduran diri.

Sementara pada poin terakhir, Camat dilarang membayarkan insentif atau honorarium bagi ketua RT/RW yang telah tercatat sebagai calon legislatif. Pelarangan pembayaran honor ini terhitung mulai tanggal ditetapkannya DCS oleh KPU.**/nae

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com