Selasa, 26 Maret 2019
Follow:
Home
Gubernur Riau Buka Lomba Pacu Jalur Kuansing
Rabu, 29/08/2018 - 17:56:07 WIB
 
 

TELUK KUANTAN - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman atau Andi Rachman secara resmi membuka lomba pacu jalur 2018 di lapangan Limono, Teluk Kuantan kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Gubernur Riau menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan pacu jalur yang sampai saat ini sudah berusia 115 tahun. Artinya, budaya asli dari budaya lokal masyarakat Kuansing ini terus bertahan sebagai identitas masyarakat ditengah pengaruh perkembangan zaman.

"Pacu jalur Kuantan Singingi sudah berusia 115 tahun. Sampai saat ini terus bertahan sebagai budaya lokal," kata Andi Rachman, saat memberikan sambutannya, Rabu (29/8/18).

Menurut Andi, pacu jalur Kuansing satu diantara kegiatan budaya lokal Riau yang mendapatakan anugerah pesona Indonesia yang ditaja Kementerian Pariwisata RI. Tidak hanya itu, even pacu jalur juga telah masuk kalender wonderful Indonesia.

"Pacu jalur ini merupakan pariwisata berbasis budaya. Kegiatan budaya lokal satu diantara empat sungai besar di Riau," papar Andi.

Total pengakuan budaya lokal Riau yang sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebanyak 35 budaya tak benda. Diharapkan, ke depan pengakuan ini jumlahnya akan terus bertambah nantinya.

"Diharapkan dapat berdamapak mutiplayer efek. Baik dari sisi kemajuan pariwisata, ekonomi, kuliner dan olahraga," ujar Andi.

Hadir pada kesempatan ini, Staf Ahli Bidang Multikultur Kementerian Pariwisata Hesti Astuti, Danrem 031/WB Brigjend TNI Sony Aprianto, Bupati Kuansing Mursini, Wakil Bupati Halim, Wakil Bupati Bengkalis Muhammad, mantan pejabat dan tokoh masyarakat serta berbagai unsur undangan lainnya.**/mcr/zie

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com