Selasa, 22 Januari 2019
Follow:
Home
Mengenal Sifat Nyamuk Aedes Aegypti Pembawa Virus DBD
Kamis, 30/08/2018 - 12:37:13 WIB
 
 

PEKANBARU - Sifat nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah (DBD), perlu diketahui agar dapat mencegah hewan ini menularkan penyakit kepada keluarga kita. Salah satunya, nyamuk ini suka terbang di siang hari.

Menurut Prof DR dr Sri Rezeki Hadinegoro, SpA(K),  penularan penyakit demam berdarah hanya dilakukan nyamuk betina, karena nyamuk mencari darah untuk bertelur.

Darah bagi nyamuk betina ini digunakan untuk memperoleh asupan protein yang diperlukannya memproduksi telur. Aedes aegypti juga bersifat diurnal atau aktif di pagi hingga siang hari.

Kemudian, terbang nyamuk Aedes Aegypti juga tidak jauh-jauh, di sekitar-sekitar tempat awal dia berada saja. Nyamuk ini terbangnya juga tidak terlalu tinggi. Karena itu biasanya nyamuk ini paling hanya menyerang satu rukun warga (RW) saja, tidak ke RW yang lain. Tak heran jika ada kasus demam berdarah dilaporkannya per RT dan per RW.

Selain itu, nyamuk ini ternyata juga  senang dengan aroma (bau) tubuh manusia. Ketika nyamuk Aedes aegypti masuk ke dalam rumah di malam hari, ia akan tidur atau menempel di sehelai baju yang tergantung.

Jika memang ada baju yang bekas kita pakai dan tidak akan dipakai untuk kedua kali, sebaiknya langsung dicuci saja. Jangan digantung karena memudahkan nyamuk membangun sarang yang baru.

Selain itu, nyamuk demam berdarah ini suka menempel di korden dan tempat-tempat yang tergantung. Ternyata selain dengue Aedes aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow fever), chikungunya, dan demam Zika yang disebabkan oleh virus Zika.**/zie

 
Berita Terbaru >>
Pengamat: 100 Hari Kepemimpinan, Syamsuar-Edy Tidak Bisa Berbuat Banyak
Demi Rakyat, Gubri Terpilih akan Pangkas Biaya Perjalanan Dinas
Jatmiko Krisna Santosa Jabat Direktur Utama PTPN V
PASS LANTANG Riau Resmi Dikukuhkan
Saiman Pakpahan: Wakil Rakyat Riau Hanya Grup 'Paduan' Suara
Sepuluh Pejabat Pemko Pekanbaru Dikukuhkan Walikota
Wajib Pajak Curang, Perbulan Pemko Pekanbaru Rugi Ratusan Juta
Tahun ini, DPKP Pekanbaru Rancang Panggilan Cepat Smart Rescue Madani
Mulai Sore Ini Supermoon Bisa Dilihat Diseluruh Indonesia
Semua Wilayah di Pedamaran Sudah Miliki Aliran Listrik
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com