Sabtu, 17 November 2018
Follow:
Home
Manfaat Lidah Buaya, dari Obat Hingga Kecantikan
Jumat, 31/08/2018 - 13:54:43 WIB
 
 

PEKANBARU - Tanaman hias sekaligus tanaman obat, lidah buaya atau aloe vera, telah sejak zaman dulu dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional dan kecantikan di sejumlah negara. Termasuk di Indoneisia.

Manfaat yang paling sering dikatakan tentang lidah buaya adalah untuk menebalkan rambut dan melembabkan kulit muka. Ternyata ada beberapa lagi manfaat lidah buaya ini, seperti untuk mengatasi sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi dan sebagai obat alami untuk kolik.

Sedangkan dalam pengobatan China, aloe vera kerap direkomendasikan dalam pengobatan penyakit jamur.Di dunia Barat yang terkenal modern, aloe vera juga digunakan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan. Bahkan, pembuatan ekstrak lidah buaya adalah salah satu industri botani terbesar di dunia. Salah satu bagian dari aloe vera adalah gel yang diperoleh dari sel-sel di tengah daun.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya:

1. Menyembuhkan Iritasi Kulit
Lidah buaya bisa untuk pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar. Ekstrak lidah buaya dilaporkan mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit.

2. Mengobati Luka Bakar
Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit. Pada 1959, Administrasi Makanan dan Obat AS menyetujui penggunaan salep lidah buaya sebagai obat yang dijual bebas untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit.

Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, materialnya mampu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat.

3.Menyembuhkan Luka
Lidah Buaya memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah -atau luka di mulut.

 4. Melembapkan Rambut dan Kulit Kepala
Lidah buaya merupakan perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe.

Sementara, enzim gel dapat membersihkan kulit kepala sel mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Aloe gel juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

5. Mengobati Sembelit
Penggunaan lidah buaya sebagai laksatif sudah diteliti dengan baik. Antrakuquinon yang ada di lateks menciptakan pencahar ampuh yang meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir. Kandungan ini juga meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme.

Setelah bercampur dengan zat asam dan enzim, makanan berubah menjadi cairan kental yang dinamai chyme. Chyme akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus.

6. Membantu Sistem Pencernaan
Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam/basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Enzim yang ada di dalam lidah buaya memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Yang lalu mengubah enzim menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel berfungsi dengan baik. Kandungan di dalam lidah buaya merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh infeksi.

8. Antioksidan
Lidah buaya juga memberikan jumlah vitamin dan mineral yang luar biasa yang membantu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. Vitamin A, misalnya, memainkan peran penting dalam menjaga visi yang sehat, fungsi neurologis dan kulit yang sehat.

Sebab vitamin A adalah antioksidan yang mengurangi peradangan. Vitamin C juga merupakan komponen penting yang ditemukan dalam lidah buaya; melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan pralahir, penyakit mata, dan bahkan kerutan kulit.

9. Menurunkan Gula Darah
Beberapa bukti yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan, lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes, dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular.

Dalam dua uji klinis terkait, 72 wanita diabetes tanpa terapi obat diberikan satu sendok makan gel lidah buaya atau plasebo selama enam minggu. Kadar glukosa darah dan trigliserida serum menurun secara signifikan dengan pengobatan lidah buaya tersebut.**/zie/int

 
Berita Terbaru >>
KPK Akan Periksa Direktur Lippo Cikarang
Garuda Jamin KSO tak Ganggu Operasional Sriwijaya Air
FJPI Riau Hadiri Sarasehan dan Kongres Jurnalis Perempuan Indonesia
Chevron Dukung Pelatihan Pengelolaan Sampah untuk Guru TK dan PAUD
Tragedi Semanggi, Keluarga Korban Tagih Janji Jokowi
Garuda Indonesia Ambil Alih Opresional Sriwijaya Group
Kurir Jaringan Sabu Eks Politikus NasDem Diburu BNN
Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Tualang Terendam Banjir
Raih Juara Terbaik Nasional, Syamsuar Kunjungi Puskesmas Sei Apit
KPK Minta Menag Tinjau Ulang Pengadaan Kartu Nikah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com