Jum'at, 21 09 2018
Follow:
Home
Tersangka Korupsi Proyek PLTU Riau-1 Sebut Nama Setya Novanto
Rabu, 05/09/2018 - 19:30:31 WIB
  Eni Saragih
 

JAKARTA - Eni Maulani Saragih, mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR yang ditangkap KPK karena menerima suap terkait proyek PLTU Riau-1 menyatakan, aliran dana Rp 2 miliar terkait proyek tersebut untuk Munaslub Golkar.

Eni juga menyebut nama Setya Novanto, mantan Ketua DPR sebagai pihak yang kerap memberi perintah padanya, termasuk berkenalan hingga bertemu dengan pengusaha Johannes B Kotjo dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited Johannes B Kotjo secara bertahap sejak November 2017 sampai Juli 2018. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Saya diperiksa sebagai saksi Bapak Johannes Kotjo. Pendalaman dari semua pertemuan-pertemuan saya dengan Pak Johannes Kotjo dengan Pak Sofyan Basir dan apa perintah-perintah dari tentunya bermula dari sebelum saya kenal Pak Kotjo ya. Itu perintah dari Pak Setya Novanto," kata Eni, usai menjalani pemeriksaan di KPK, Rabu (5/9/2018).

Namun saat ditanya tentang salah satu pertemuannya dengan Sofyan, Eni tidak menjawab gamblang. Dia mengaku sudah mengungkapkan semuanya kepada penyidik.

Eni juga sempat mengaku telah mengajukan diri sebagai justice collabolator (JC). "Sudah saya sampaikan (pengajuan sebagai JC)," ujar Eni sambil masuk ke mobil tahanan.

Dalam kasus ini, Eni diduga bersama-sama Idrus Marham menerima hadiah  dari Kotjo. Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap, dengan rincian Rp4 miliar sekitar November-Desember 2017 dan Rp2,25 miliar pada Maret-Juni 2018.**/ara


 
Berita Terbaru >>
Baru Saja Sebuah SPBU di Sawahan Padang Terbakar
Malam Ini Dua Capres akan Berpidato di KPU, Usai Ambil Nomor Urut
Tiba-tiba Jalan Depan Ruko di Setia Budi Pekanbaru Amblas, Motor Berjatuhan
5 Remaja Spesialis Curanmor Masjid Ditangkap Tim Polsek Rumbai Pekanbaru
Puluhan Ribu Nelayan di Perairan Riau Rawan Terlibat Konflik
Malam Ini Wilayah Riau Masih Berpotensi Hujan Lebat
Tengku Nizwa Purwanindyah Malam Ini Tampilkan 30 Koleksi Terbaru
Bapenda Temukan Banyak Tunggakan Pajak Restoran
BI Ramal Rupiah Melemah Hingga Tahun Depan
Polemik Impor Terus Bergulir, Data Beras Bikin Ribut
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com