Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
800 Ha Lahan Gambut Dibuka untuk Sawit di Bengkalis, BRG Turun Tangan
Rabu, 05/09/2018 - 19:36:29 WIB
  Lahan Gambut
 

PEKANBARU - Adanya laporan dari Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) Wilayah Bengkalis tentang dugaan pembukaan lahan gambut 800 hektare menjadi perkebunan sawit di Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, ditindaklanjuti oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) RI .

Menindaklanjuti laporan JMGR Wilayah Bengkalis tersebut, pada Kamis (30/8/18) dan Jum'at (31/8/18) lalu, tim BRG Pusat telah turun untuk langsung meninjau ke lokasi, didampingi Ketua JMGR Sonny Dhillon, Staf JMGR Pusat, Direktur Eksekutif Lingkaran Hijau Bengkalis dan beberapa tokoh masyarakat setempat.

Ketua JMGR Sonny Dhillon mengatakan, atas laporan JMGR Wilayah Bengkalis tersebut, akhirnya BRG langsung melakukan Verifikasi Lapangan selama 2 hari yang dimulai dari tanggal 30-31 Agustus 2018 lalu. Verifikasi Lapangan dilakukan di Desa Simpang Ayam, Desa Bantan Sari dan Desa Muntai Barat.

"Dari verifikasi itu, mengenai persoalan abrasi, tentu kita harapkan BRG memfasilitasi dan mengkordinasikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian PUPR. Karena persoalan abrasi di Bengkalis sudah sangat memprihatinkan," kata Sonny, Rabu (5/9/18).

Selain itu, terkait persoalan dugaan pembukaan lahan gambut di Kecamatan Bantan dan Bengkalis yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, BRG diharapkan mampu memfasilitasi dan mengkordinasikan persoalan yang ada ke Dirjen Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat Kementerian LHK.

"Hal tersebut harus dilakukan, kendati BRG dalam persoalan ini bukan sebagai pihak eksekutor kebijakan penyelesaian masalah, namun inti dari persoalan ini adalah kita mendorong melalui BRG dan semua pihak yang terlibat agar Pemkab Bengkalis peduli pada persoalan gambut di Bengkalis," tegas Sonny.**/mcr

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com