Sabtu, 20 Juli 2019
Follow:
Home
Dua Mahasiswa PCR Pekanbaru Berhasil Ciptakan Mesin Pengupas Pinang
Jumat, 07/09/2018 - 19:55:21 WIB
  Mesin Pengupas Pinang
 

PEKANBARU - Dua mahasiswa PCR Pekanbaru,  Yuda Pratama Ramadhan dan Ghozi Prasetio, mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika, berhasil menciptakan alat yang dinamakan Sistem Automasi Pada Mesin Pengupas Pinang.

Ciptaan ini berawal dari masalah yang disampaikan Dinas Perindustrian Provinsi Riau kepada Politeknik Caltex Riau (PCR) tentang alat pengupas buah pinang,

Setelah mesin ini rampung dikerjakan, Yuda dan Ghozi melakukan demo alat pada sidang Tugas Akhir yang dilaksanakan Selasa (4/9) di kampus PCR dan dihadiri perwakilan Dinas Perindustrian Provinsi Riau.

"Setelah cari - cari referensi, kami menemukan video dan alat seperti ini hanya ada di India, dan itupun kami melihat dalam bentuk video demonya saja, untuk sistem kerjanya sendiri kami tidak memiliki referensi. Ini jadi tantangan untuk kami," ujar Yuda, Jumat (7/9).

Mesin ini diprogram dengan menggunakan Microcontroller Arduino Uno dan bekerja dengan cara mengaktifkan tombol start melalui touch screen sebagai media inputan, kemudian buah pinang yang sudah dikeringkan sebelumnya dimasukkan ke wadah.

Selanjutnya conveyor akan bergerak untuk mengangkat pinang dan memasukkan ke wadah pengupas pinang. Pada proses ini, serabut pinang dan biji pinang akan terpisah. Biji pinang akan masuk ke wadah penampung, sedangkan serabutnya akan terlempar keluar.

"Mesin ini dapat mengupas pinang yang sudah dikeringkan dan dapat mengupas pinang dengan kapasitas 3 kg sekaligus. Pinang yang telah terkupas akan menghasilkan biji pinang yang dapat dipasarkan," terangnya.

Sementara itu Retno Tri Wahyuni selaku pembimbing menyampaikan bahwa Dinas Perindustrian Provinsi Riau mengapresiasi dan kagum dengan hasil Tugas Akhir tersebut.

"Sangat mengapresiasi terhadap kedua mahasiswa ini dan Dinas Perindustrian juga kagum sekali dan alat seperti ini tentu sangat membantu UKM sekalipun masih ada perbaikan dan perlu dikembangkan lebih lanjut lagi," pungkasnya.**/zie 

 
Berita Terbaru >>

Kota Pekanbaru Raih Dua Penghargaan dari Kemen PPPA
Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan
Penganiaya Balita yang Makamnya Dibongkar untuk Autopsi Ternyata Ibu Kandung
ASITA Riau Tolak Program Umroh Digital
FW-KLA Diharap Mampu Bersinergi dengan Pemerintah
UNRI Buka Pendaftaran Jalur Mandiri dan Bina Lingkungan
Sanggar Selembayung Mengarak Teater Lewat 'Padang Perburuan'
Woww, Suhu Kota Bandung Capai 13 Derajat Celcius
Sebabkan Karhutla, Pria di Rawa Sekip Inhu Diamankan Polisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com