Selasa, 22 Januari 2019
Follow:
Home
Pengunjung Menangkap Ubur-ubur yang Muncul di Pantai Ancol
Sabtu, 13/10/2018 - 16:46:51 WIB
 
 

JAKARTA - Kemunculan ubur-ubur di pantai Ancol, Jakarta Utara, sejak satu minggu yang lalu tidak membuat pengunjung khawatir di sengat, mereka malah menangkap ubur-ubur yang muncul saat sore hari tersebut.

Seperti terlihat sore ini, Sabtu (13/10/2018), seorang pria terlihat memberi aba-aba kepada bocah lelaki untuk melepas kaos yang dipakainya. Kaos itu kemudian diikat sedemikian rupa untuk menangkap ubur-ubur.

Setelah berhasil ditangkap, ubur-ubur tersebut kemudian dikelilingi oleh anak-anak yang ada di pantai. Ubur-ubur tersebut kemudian di bawa ke area pantai dan dikubur di dalam pasir.

"Menurut saya sebagai pengunjung, ini fenomena alam, tidak bisa dihindari. Kita hanya bisa mencegah saja supaya tidak terkena. Kita hanya bisa waspada," kata salah satu pengunjung yang menangkap ubur-ubur tersebut, Leo.

Dia mengaku baru pertama kali melihat ubur-ubur. Leo mengatakan dirinya sudah tahu soal kemunculan ubur-ubur di sekitar pantai Ancol dari pemberitaan di media.

"Kita sama-sama bantu petugas. Ini baru pertama kali liat ubur-ubur. Mungkin pas musimnya ya. Saya (ke Ancol) sama ponakan lima orang. Setahu saya banyak ubur-ubur di sini, lihat dari sosmed. Saya ikut jagain mereka dr ubur-ubur tersebut," ujar Leo.

Sama dengan Leo, pengunjung lainnya bernama Dama juga ikut menangkapi ubur-ubur. Dama menunjukan kepada detikcom, dua ubur-ubur yang berhasil ditangkapnya dengan plastik bening.

"Dapat dua ubur-ubur yang kecil. Mau ditangkap buat dipelihara, bisa dipelihara. Sebelumnya juga pelihara ubur-ubur. Baru tahu ada ubur-ubur di sini," ujar Dama.

Berbeda dengan Leo dan Dama, pengunjung lainnya bernama Ridwan merasa khawatir dengan hadirnya ubur-ubur. Pria asal Bekasi ini mengingatkan anaknya untuk tidak bermain di air.

"Ya jadi nggak bisa berenang. Terganggu jelas. Belum tahu tadinya. Ini baru lihat ini. Paling bilang ke anak main pasir saja," tutur Ridwan.

Meski khawatir ubur-ubur menyengat anaknya, namun Ridwan tak setuju jika ubur-ubur ditangkap dan dikubur hidup-hidup.

Sebelumnya, para penjaga pantai (lifeguard) di Ancol menangkap ubur-ubur di pinggir pantai dan menguburnya. Ini dilakukan agar pengunjung tidak terganggu dengan ubur-ubur.

"Kalau di sini dikubur di tiga titik di kolong pos (lifeguard). Dikubur di kolong-kolong pos karena nggak mungkin kan pengunjung main di kolong pos," kata penjaga pantai yang bersiaga di Pos 1, Sugianto.

Pengelola Ancol pun memastikan keamanan pengunjung. Selain petugas, pengelola juga membuat papan informasi soal ubur-ubur.***/detik.com

 
Berita Terbaru >>
Wajib Pajak Curang, Perbulan Pemko Pekanbaru Rugi Ratusan Juta
Tahun ini, DPKP Pekanbaru Rancang Panggilan Cepat Smart Rescue Madani
Mulai Sore Ini Supermoon Bisa Dilihat Diseluruh Indonesia
Semua Wilayah di Pedamaran Sudah Miliki Aliran Listrik
Perusahaan di Riau Diminta Bayarkan Gaji Sesuai UMP
Meranti Berpotensi Jadi Kota Jaringan Gas
Ghibah, Sikap Buruk yang Harus Dijauhi
Kisah Masyithah, Kisah Tentang Keteguhan Hati Perempuan
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com