Kamis, 18 Juli 2019
Follow:
Home
Kepala OJK Riau Buka Sekolah Pasar Modal Bersama Wartawan
Kamis, 18/10/2018 - 20:55:32 WIB
 
 

PEKANBARU - Forum Wartawan Bisnis (Forbis) Riau menggelar sekolah pasar modal untuk wartawan ekonomi di ruang training Kantor Perwakilan Indonesia Stock Exchange (IDX) Riau, di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis, 18 Oktober 2018.

Sekolah pasar modal ini di buka oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Riau, Yusri. Dalam arahannya dia mengatakan sebagai wartawan sebagai penyebar informasi pada prinsipnya perlu mengetahui dan mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar sebelum menulis soal pasar modal.

Sebab hal ini berkaitan dengan investasi, maka wartawan terlebih dahulu perlu diberi bekal literasi agat tidak keliru dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.  "Saya harap apa yang sudah didapat di sekolah pasar modal ini memperkaya pemahaman tentang pasar modal," ujarnya.

Dari sekian banyak model investasi, Yusri merekomendasikan investasi pasar modal perlu untuk didalami dan diterapkan sebagai sarana investasi. Survei yang pernah dilakukan OJK menunjukkan pemahaman masyarakat yang baik tentang pasar modal di Indonesia sekitar angka 4 persen, yang artinya dari 100 orang baru 4 orang yang betul-betul mengerti tentang investasi pasar modal.

Oleh sebab itu, perlu adanya upaya berkelanjutan dan masif yang harus dilakukan bagaimana memperkenalkan pasar modal ke masyarakat.  "Di negara-negara maju, berinvestasi di pasar modal sudah menjadi gaya hidup dan sangat asik. Apalagi sifatnya diperdagangkan," tambahnya.

Dia menjelaskan, pasar modal memang sangat sensitif dengan berbagai isu, baik lokal maupun global. Pasar saham ini memang melibatkan banyak investor dan perusahan skala besar sehingga sekecil apapun isu yang berlubang ditangkap dan sedikit banyak berpengaruh terhadap perilaku investor di pasar modal.

Dengan kondisi demikian, setiap investor perlu tahu kapan waktu yang baik untuk investasi dan kapan waktu baik untuk jual. "Sasaran akhir dari sekolah pasar modal untuk wartawan ini bisa menjadi penyambung untuk mengedukasi masyarakat tentang pasar modal," ujarnya.

Sementara itu, ketua pelaksana, M. Junaidi menjelaskan kegiatan sekolah pasar modal ini terselenggara atas dasar kerja sama dengan pihak IDX Perwakilan Riau, IPOT dan beberapa mitra lainnya. Sebagian besar peserta adalah wartawan, selanjutnya ada dosen dan beberapa dari profesi lainnya.

"Memang kami berusaha untuk merangkul orang-orang yang dekat dulu. Golnya sederhana saja, bagaimana yang hadir di sini bisa kaya. Oleh sebab itu kita sekalian praktik, bagaimana bisa paham kemudian bisa disampaikan ke masyarakat," sambungnya.**/ril

 
Berita Terbaru >>
Penganiaya Balita yang Makamnya Dibongkar untuk Autopsi Ternyata Ibu Kandung
ASITA Riau Tolak Program Umroh Digital
FW-KLA Diharap Mampu Bersinergi dengan Pemerintah
UNRI Buka Pendaftaran Jalur Mandiri dan Bina Lingkungan
Sanggar Selembayung Mengarak Teater Lewat 'Padang Perburuan'
Woww, Suhu Kota Bandung Capai 13 Derajat Celcius
Sebabkan Karhutla, Pria di Rawa Sekip Inhu Diamankan Polisi
Bupati Siak Buka Pelaksanaan Ibadah Suluk di Dayun
Gubri Buka Festival Gasing Internasional di Siak
Ke Istana, Baiq Nuril Serahkan Surat Permohonan Amnesti
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com