Senin, 27 Mei 2019
Follow:
Home
Buah Rambutan Bermanfaat untuk Kesehatan
Kamis, 13/12/2018 - 15:20:04 WIB
 
 

RAMBUTAN merupakan salah satu buah tropis, memiliki kulit tebal dan rambut kasar, memiliki daging buah dengan rasa manis, penuh air, dan menyegarkan di dalamnya.

Buah rambutan memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram rambutan, terdapat 84 kalori, 40 persen vitamin C, dan sekitar 28 persen zat besi.Selain itu juga banyak nutrisi lain yang bisa diambil manfaatnya dari rambutan. Apa saja itu?

1. Antidiabetes
Sebuah studi di China menyebutkan bahwa kulit rambutan mengandung komponen antidiabetes. Dalam studi tersebut, beberapa ekor tikus diabetes diinduksi dengan ekstrak fenolik dari kulit rambutan. Hasilnya menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah.

2. Atasi 'morning sickness' ibu hamil
Selama masa kehamilan, ibu kerap mengalami pusing dan mual. Rambutan bisa jadi salah satu solusi untuk meredakan morning sickness ini karena rasanya yang manis. Selain itu, kandungan zat besi pada rambutan bisa membantu ibu hamil melawan rasa letih dan pusing serta meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

3. Cegah kanker
Buah rambutan tinggi kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri diketahui mampu memerangi inflamasi dan melindungi sel tubuh. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh pun mampu dinetralisir oleh vitamin C dari rambutan. Berdasarkan studi, kulit rambutan dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker. Bahkan, ia juga bisa digunakan sebagai obat kanker hati.

4. Rawat kesehatan kulit
Konsumsi rambutan secara rutin mampu meningkatkan kesehatan kulit. Rambutan dapat menjaga kelembapan kulit. Kandungan mangan serta vitamin C di dalamnya mampu membantu meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, biji rambutan pun diketahui mempunyai manfaat, apalagi jika dijadikan sebagai masker. Kulit pun akan lebih cerah dan lembut.

5. Kuatkan tulang
Tulang kuat tak hanya didapat dari konsumsi produk susu. Rambutan pun bisa menguatkan tulang karena kandungan fosfornya. Fosfor membantu pembentukan dan menguatkan tulang.

6. Tingkatkan kesuburan
Vitamin C penting untuk pembentukan sperma pada pria. Dengan alasan itu, tak heran jika rambutan dipercaya untuk membantu meningkatkan kesuburan.**/sumber: CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
Sempena Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis
Bertuah Akshara Symphony, Wadah Berhimpun Generasi Muda Pencinta Marching Band
Hypatia, Perempuan Cerdas yang Dibunuh Karena Melakukan Penelitian
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com