Rabu, 27 Mei 2020
Follow:
Home
PHW Kembangkan Wisata Jalan Kaki di Kampung Melayu Pekanbaru
Senin, 14/01/2019 - 10:59:53 WIB
 
 

PEKANBARU - Pekanbaru Heritage Walk (PHW), sebuah komunitas penggerak wisata  berjalan kaki di Pekanbaru saat ini sedang mengembangkan wisata sejarah di daerah Kampung Melayu Kota Pekanbaru.

Menurut Yulimas Wati, salah seorang anggota PHW, kegiatan PHW adalah mengajak wisatawan mengunjungi Rumah Singgah Tuan Kadi, Rumah Tenun, Kampung Tua, dan Ke Makam Tua Mesjid Raya di Pekanbaru.

Sejak berdirinya PHW pada bulan April tahun 2017 lalu, Komunitas PHW ini telah membawa lebih dari 500 orang pengunjung untuk diperkenalkan dengan sejarah Kota Pekanbaru, termasuk sejarah kota tua dan kampung Melayu.

Yulimas menuturkan untuk saat ini anggota PHW masi berjumlah lima orang dan kegiatannya masi terpusat di Kampung Bandar Senapelan. Sedangkan untuk pengelola masing-masing objek wisata itu sendiri telah ada dari warga setempat.

"PHW hanya memperkenalkan yang mengelola tempat masyarakat sekitar, " tambahnya.

Sebagai media promosi Yulimas bersama rekannya memanfaatkan akun media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, selain itu juga mempromosikan secara langsung kepada masyarakat sekitar.

Untuk meningkatkan pengunjung, Yulimas menuturkan bahwa PHW telah bekerjasama dengan komunitas-komunitas yang ada di Riau seperti Genpi Riau, dan Himpunan Pariwisata Indonesia Riau.

Yulimas mengakui jika PHW mendapatkan dukungan penuh dari lurah setempat terkait pelestarian wisata tersebut. Ia berharap kedepannya semakin banyak wisatawan yang berkunjung sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat tempatan. Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan khususnya Kampung Bandar Senapelan.

PHW kata Yulimas, berharap kepada pemerintah untuk memperbaiki fasilitas yang ada di sekitar Kampung Bandar, khusus infrastruktur, terutama jalan.***/saf



 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com