Home
DPRD Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pidato Sambutan Gubri Periode 2019-2024
Senin, 11/Maret/2019 - 20:55:32 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU - DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Riau menggelar sidang paripurna di Gedung DPRD Riau di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Senin (11/3/2019). Paripurna langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati.

Sidang paripurna kali ini mengusung agenda Pidato Sambutan Gubernur Riau Masa Bakti 2p019-2024. Sebagaimana diketahui, Pemilihan Gubernur Riau 2018 telah menghasilkan duet pemimpin baru Riau, yaitu Gubernur Drs. H.Syamsuar M.Si. dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution.

Dalam sidang paripurna yang berlangsung khidmat itu, selain dihadiri langsung oleh Gubernur Riau terpilih Syamsuar bersama wakilnya, Edy Natar Nasution, juga tampak hadir Sekretaris Daerah Pemprov Riau Ahmad Hijazi, bupati se-Riau, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan sejumlah elemen masyarakat. Dalam kesempatan itu, Septina didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, selain juga Kordias Pasaribu.


Ketua DPRD Riau Septina Primawati dalam sambutannya mengatakan sinergitas antara pemerintah dan dewan sangat diharapkan. Saatnya melakukan konsolidasi untuk menggandeng kesepahaman, karena Pilkada telah usai. Apalagi pasangan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan Edy Natar telah dilantik 20 Februari lalu dan telah juga dilakukan Sertijab 25 Februari.

"Banmus sudah menjadwalkan paripurna pidato sambutan Gubri masa bakti 2019-2024 pada hari ini. Kami berharap agar visi-misi yang disampaikan bapak Syamsuar-Edy bisa dilaksanakan. Apa yang sudah menjadi komitmen benar-benar menjadi pedoman dan dapat diwujudkan," ujar politisi Partai Golkar itu.

Gubernur Riau Syamsuar mengawali sambutannya, dengan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Riau karena telah memberikan kepercayaan untuk mengemban amanah meneruskan estafet kepemimpinan di Negeri Melayu ini dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan Riau lima tahun kedepan 2019 sampai dengan 2024.


Gubernur Riau Syamsuar, mengatakan akan tetap berada dalam koridor Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP).

"Periode kami (2019-2024) saat ini bagian dari periode terakhir RPJP 2005-2025. Jadi kami akan tetap meningkatkan program pro rakyat yang telah dirintis sebelumnya," ujar Syamsuar pada sidang paripurna perdana di ruang rapat paripurna DPRD Riau di kawasan jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (11/3).

Terkait program tadi, mantan Bupati Siak ini menyebut kalau salah satu tantangan Pemprov Riau saat ini adalah masih adanya sederet kesenjangan antar daerah.

"Misalnya kesenjangan Sumber Daya Manusia (SDM) antar Kabupaten/Kota hingga daerah-daerah yang saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya
masih berada di bawah rata-rata provinsi," katanya.

"Permasalahan pembangunan Riau yang dihadapi saat ini antara lain masih terdapatnya kesenjangan kualitas sumber daya manusia antar kabupaten/kota di Provinsi Riau yang diukur dari capaian IPM. Terdapat 7 kabupaten/kota IPMnya berada dibawah rata-rata provinsi 71,79," ucapnya.


Dia juga menyoroti persoalan masih rendahnya kualitas infrastruktur bagi masyarakat diantaranya infrastruktur jalan dan jembatan. Terbatasnya akses air bersih dan air minum, air limbah dan sampah yang belum terkelola dengan baik dan persoalan eleltrifikasi.

"Indeks kualitas lingkungan hidup provinsi Riau terendah di pulau Sumatera dan masuk kategori sangat kurang. Kemudian masih tingginya abrasi di wilayah pesisir dan sungai di Riau. Masih terdapatnya permasalahan tapal batas antar kabupaten/kota yang masih belum terselesaikan.

Rendahnya pertumbuhan ekonomi provinsi Riau periode 2011-2017 mengalami penurunan. Masih tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran. Masih rendahnya Ketahanan Pangan daerah. Masih rendahnya pengelolaan potensi Budaya Melayu dan pariwisata. Masih rendahnya kinerja ASN dan Pelayanan Publik.

"Dari permasalahan yang dirumuskan maka visi dan misi kami tahun 2019-2024 terwujudnya Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, maka dirumuskan beberapa misi antara lain mewujudkan SDM yang beriman berkualitas dan berdaya saing melalui pembangunan manusia seutuhnya. Mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata dan berwawasan lingkungan. Mewujudkan pembangunan ekonomi yang eklusif, mandiri dan berdaya saing. Mewujudkan Budaya Melayu sebagai payung negeri. Dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi.

Visi, misi, strategi dan arah kebijakan pembangunan jangka menengah Provinsi Riau 2019 sampai dengan 2024 yang telah kami sampaikan selanjutnya nanti akan kami tuangkan dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2019-2024 sebagai acuan pelaksanaan pembangunan 5 tahun ke depan dan akan disampaikan kepada DPRD untuk ditetapkan dengan Peraturan Daerah paling lambat 6 bulan setelah kami dilantik sebagaimana ketentuan Pasal 264 ayat (4) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Untuk mewujudkan ini semua, dibutuhkan kerja keras (ikhtiar) yang diiringi dengan doa dan optimisme yang tinggi serta dukungan Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Riau, seluruh elemen masyarakat Riau dan media, sehingga apa yang kita rencanakan dan pembangunan daerah Riau nantinya dapat terwujud untuk kesejahteraan masyarakat dan mendapat Ridho Allah SWT." (adv/hms)

 
Berita Terbaru >>
3 Calon Pj Wako Pekanbaru Segera Diusulkan
Pembobol Toko HP di Pekanbaru Ditembak Polisi!
Pj Gubri Resmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani
TK An Namiroh 2 Pekanbaru Berbagi Nasi Kotak di Simpang Srikandi Ujung
Maksimalkan Pelayanan, Pemko Pekanbaru akan Bangun Dua Pos Damkar Baru
Agar Mudik Aman dan Nyaman, Hindari Tanggal Ini!
ICCR Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Warga Sidomulyo Barat Tuah Madani
Bahas Pelaksanaan HUT, Ini Tiga Agenda Besar PJS
Nikel di Sultra Milik Semua Rakyat Sultra, Pemerintah Harus Lebih Adil
Truk Terobos Palang Pintu, Masinis KA Putri Deli Terluka
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com