Selasa, 25 Juni 2019
Follow:
Home
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
Minggu, 17/03/2019 - 16:33:51 WIB
 
 

PEKANBARU - Untuk menjangkau pemerataan pendidikan di Provinsi Riau, Komunitas Anak Ceria (KACA) Pekanbaru melakukan aksi penggalangan dana sekaligus open donasi buku yang akan disalurkan ke Taman Baca Masyarakat (TBM) di beberapa wilayah tertinggal, terbelakang dan terluar (3T) yang ada di Provinsi Riau.

KACA melakukan Kegiatan galang dana sekaligus open donasi pada hari Minggu (17/3) di area Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, tepatnya di trotoar jalan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang Pekanbaru. Adapun kegiatan ini disebarluaskan pihaknya setiap hari melalui akun media sosial.

Ketua KACA Pekanbaru, Fajar Yuda Utomo, menjelaskan bahwa komunitas ini lahir karena kepedulian generasi muda terhadap pendidikan dan anak-anak yang berada di daerah perbatasan kota Pekanbaru yang masih minim fasilitas pendidikan.

“Hasil donasi akan disalurkan ke Taman Baca Masyarakat (TBM) di daerah 3 T Provinsi Riau, untuk anak-anak marjinal yang membutuhkan akses pendidikan,” kata Fajar.

Adapun komunitas yang telah aktif selama 6 bulan ini telah memberikan pendidikan bagi anak jalanan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman gang Rambai, Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru. Bimbingan belajar ini dilaksanakan setiap dua kali seminggu yaitu hari Senin malam dan Kamis malam di teras rumah warga.

Fajar menjelaskan, untuk saat ini sudah terbentuk beberapa TBM atau kampung literasi ceria yang dibangun dari hasil penggalangan dana sekaligus open donasi buku yang selalu digalakkan KACA.

“Kedepannya akan dibangun lebih banyak lagi, dan program KACA akan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, pihaknya akan terus berupaya membantu meningkatkan pendidikan yang ada di Riau meskipun dengan latar belakang pendidikan yang berbeda dari setiap anggota KACA.

Fajar optimis mutu pendidikan bisa meningkat apabila generasi muda mau mengabdikan diri membantu pendidikan di Riau.

“Dengan background pendidikan anggota KACA yang berbeda menciptakan suasana berbagi ilmu yang berbeda pula. Jika generasi muda peduli pendidikan, pendidikan akan maju,” tambah Fajar.

Melalui aksi dari Kaca ini, ia berharap, mampu memberikan manfaat yang besar bagi generasi penerus bangsa, dengan mendapatkan sedikit akses pendidikan yang baik.

Ia juga mengaku sejauh ini belum menggandeng pemerintah dalam aksinya, namun kedepannya akan berupaya bersinergi dengan pemerintah memajukan pendidikan di Riau.***/syaf/mcr

 
Berita Terbaru >>
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com