Selasa, 25 Juni 2019
Follow:
Home
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Kamis, 21/03/2019 - 17:33:32 WIB
 
 

PEKANBARU - PWI Riau bekerjasama dengan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik wartawan migas dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Grand Elite Hotel Pekanbaru, Kamis (21/03/2019). Khusus UKW diikuti 34 orang wartawan cetak, online maupun elektronik. 34 orang wartawan ini berjuang ikut  kompetensi untuk kategori muda.

Kegiatan yang difasilitasi oleh SKK Migas ini dihadiri Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis, diwakili Kepala Departemen Humas Evy Yanti, dan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Avicenia Darwis, diwakili Kepala Departemen Humas Evy Yanti  menjelaskan, kerjasama pelatihan dan uji kompetensi ini sebagai wujud komitmen SKK untuk meningkatkan kualitas pengetahuan wartawan khususnya di bidang migas. Selain itu juga untuk membantu para wartawan memiliki sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi.

"Kegiatan ini sebagai kelanjutan kerjasama yang sudah lama terjalin dan berjalan dengan baik. Karena itu, kami meminta bantuan teman-teman wartawan untuk dapat mempublikasikan informasi SKK Migas dan kegiatan rekan-rekan K3S seperti program social responsibility yang dilakukan perusahaan," pinta Evi.

Sementara itu, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang menegaskan, dalam melakukan tugas jurnalistiknya wartawan harus bisa membedakan kegiatan hulu dan hilir minyak dan gas. Ini  penting diketahui, karena instansi yang menanganinya berbeda. Demikian pula kegiatannya berbeda.

"Wartawan juga harus mengetahui kondisi terkini kegiatan migas di Riau," ujar Zulmansyah seraya menyampaikan, wartawan yang meliput  migas harus cerdas dan memahami kondisi faktual kegiatan migas. Ini penting bagi wartawan supaya tahu membedakan kegiatan hulu dan hilir migas.

Karena itu, sebut Zulmansyah, melalui pelatihan ini teman-teman wartawan akan tahu bagaimana sebenarnya kegiatan hulu migas tersebut.

"Narasumber memberi penjelasan secara rinci tentang kegiatan hulu dan bagaimana perkembangan terkini migas di industri hulunya," ujar Zulmansyah.

Dalam kesempatan itu, Zulmansyah berharap para mitra agar memberikan pelayanan yang baik kepada wartawan dengan penjelasan informasi yang diperlukan. Jika informasi tersebut sifatnya tertutup dan tidak untuk dipublikasikan para mitra bisa menyampaikab off the record.

"Dalam kode etiknya, wartawan harus menghormati bagian informasi yang dinyatakan off the record. Teman-teman mitra juga bisa menggunakan hak embargo terhadap suatu pemberitaan. Arti embargo itu adalah meminta waktu penundaan publikasi sampai mitra bisa mendapatkan informasi yang tepat atau sahih," terang Zulmansyah.

Tidak jarang, kata Zulmansyah, wartawan salah melakukan konfirmasi ketika ada suatu peristiwa atau kejadian. Misalnya ada pipa minyak yang mengeluarkan api, konfirmasinya ke instansi yang berbeda.

Karena itu, kata Zulmansyah, kami berharap agar para mitra memberikan pelayanan yang baik kepada wartawan dengan memberikan penjelasan informasi yang diperlukan. Jika informasi tersebut sifatnya tertutup dan tidak untuk dipublikasikan para mitra bisa menyampaikan off the record.

"Dan dalam kode etik, wartawan harus menghormati bagian informasi yang dinyatakan off the record. Teman-teman mitra juga bisa menggunakan hak embargo terhadap suatu pemberitaan. Arti embargo itu adalah meminta waktu penundaan publikasi sampai mitra bisa mendapatkan informasi yang tepat atau sahih," papar Zulmansyah.***/ril

 
Berita Terbaru >>
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com