Kamis, 17 Oktober 2019
Follow:
Home
Ini Dia Para Jawara LKJ PWI Riau-KLHK dengan Total Hadiah Rp115 Juta
Selasa, 18/06/2019 - 04:04:26 WIB
 
 

PEKANBARU  - Lomba karya jurnalistik (LKJ) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah usai. Lomba bertemakan "Kerja Nyata Manggala Agni Untuk Negeri" dengan total hadiah Rp115 juta tersebut diikuti  128 karya.

Dari 128 karya yang dinilai oleh dewan juri, sebanyak 24 karya terpilih sebagai pemenang. Dari 24 karya, 4 karya dinyatakan sebagai pemenang terbaik dan 20 pemenang lagi sebagai pemenang nominator.

Ke-24 karya yang dinyatakan lolos sebagai pemenang itu terdiri dari 4 kategori yakni lomba karya tulis media cetak, lomba karya tulis media online, lomba karya foto jurnalistik dan lomba karya video jurnalistik.

Para pemenang terbaik untuk kategori lomba karya tulis cetak, online dan video memperoleh uang tunai masing-masing Rp15 juta, piagam dan wisata ke Raja Ampat, Papua. Sedangkan untuk pemenang nominator memperoleh uang tunai masing-masing Rp3 juta plus piagam.

Korwil Manggala Agni Riau Edwin Putra dalam sambutannya pada acara pengumuman hasil Lomba Karya Jurnalistik di Halaman Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Senin (17/06/2019) sore mengatakan, 
Manggala Agni Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Wilayah Sumatera yaitu salah satu urusan teknis Kementerian LHK Provinsi Riau, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan pers, khususnya PWI Riau yang telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan.

"Pimpinan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan wartawan yang telah memberikan hasil karya jurnalistiknya dan mengirimkan semua hasil kunjungan lapangannya, kemudian juga hasil pemikirannya tentang Manggala Agni dan tentunya telah dinilai oleh panitia dan dewan juri yang telah ditentukan," tutur Edwin.

Edwin berharap kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja, tapi menjadi langkah awal atau awal mula untuk kerjasama kedepannya. 

"Kami Manggala Agni sebagai salah satu pelaku atau pelaksana upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau mungkin sedikit mendapat tempat di media cetak, elektronik dan lain-lain. Mungkin nama Manggala Agni tidak terdengar lantang di Provinsi Riau. Tetapi bagi kami itu tidak menjadi masalah," kata Edwin.

Menurut Edwin, selama ini Manggala Agni berprinsip lebih banyak bekerja, sedikit bicara. Ternyata motto itu tidak berlaku lagi sekarang. Jadi katanya, banyak bekerja dan banyak juga bicara. 

"Tentunya harapan kami, kami bicara tidak dibuat-dibuat, kami bicara tidak dibesar-besarkan. Jadi kami mohon nanti rekan-rekan wartawan/insan pers bisa mempublikasikan dan menginformasikan kegiatan kami di lapangan," papar Edwin.

Menurut Edwin, Manggala Agni tidak hanya berkutat di bidang pemadaman. Tapi Manggala Agni juga bertugas untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta dan pasca kebakaran. 

"Dengan adanya kegiatan lomba karya jurnalistik ini, menjadi gerbang pembuka bagi kita untuk saling bekerjasama ke depannya. Kami mohon kedepannya wartawan tidak sungkan-sungkan mampir berkomunikasi dengan kami di lapangan," kata Edwin.

Sementara itu, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang sudah berkenan bermitra dengan PWI Riau menggelar kegiatan Lomba Karya Jurnalistik. 

"Target kita hanta 100 peserta, ternyata melebihi seratus. Kita bersyukur ternyata antusias peserta untuk mengikuti lomba ini luar biasa," kara Zulmansyah.

Menurut Zulmansyah, ini momentum bersejarah juga bagi PWI, pertama sekali bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung dapat hadiah Rp115 juta. 

"Teman-teman PWI Pusat juga tanya, kok bisa ya PWI Riau bisa langsung berhubungan dengan Kementerian di Jakarta. Kita bilang, bisa lah. Orang kita PWI Riau HEBAT. Kalau PWI HEBAT kayak Markues, sering motong ditikungan. Tentu kami berterima kasih Pak Edwin, mohon disampaikan salam kami ke Pak Rafles dan khusus kepada Ibu Menteri, bahwa teman-teman di Riau berterima kasih dengan digelarnya perlombaan ini," kata Zulmansyah.

Zulmansyah juga mengatakan, ini bukan lomba terakhir yang diselenggarakan PWI, karena PWI juga akan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak lain. 

"PWI sekarang banyak menjalin dengan mitra-mitra untuk menggelar berbagai acara dan kompetisi dalam rangka  menyalurkan bakat-bakat menulis, bakat-bakat foto dan bakat-bakat merekam video untuk kawan-kawan wartawan. Mudah-mudahan membawa manfaat untuk kita semua," ujar Zulmansyah.

Berikut para nominator dan pemenang LKJ Kerja Nyata Manggala Agni Untuk Negeri

Kategori Lomba Karya Jurnalistik Media Cetak

Terbaik : Henny Eliyati (Riau Pos)
Nominator:
1. Eka Kurnia (Surat Kabar Genta)
2. Erwin Syah Putra (Pekanbaru Pos)
3. Helfizon Asyafei (Riau Pos)
4. Jinto Lumban Gaol (Tabloid Intermezo)
5. Herlina (Metro Riau)

Kategori Lomba Karya Jurnalistik Media Online

Terbaik: Harry B Kori'un (Riaupos.co)
Nominator:
1. Muhammad Amin (Riaupos.co)
2. Andi Indrayanto (Halloriau.com)
3. Anggi Romadhoni (LKBN Antara)
4. Apon Hadiwijaya (Riaubernas.com)
5. Zulfadhli (Riaupos.co)

Kategori Lomba Karya Foto Jurnalistik

Terbaik: MHD Akhwan (Riaupos.co)
Nominator:
1. Theo Rizky (Tribunpekanbaru.com)
2. Wahyudi (Halloriau.com)
3. Azhar Saputra (Riauonline.co.id)
4. Jonathan Surbakti (Spiritriau.com)
5.  Aswady Hamid (LKBN Antara)

Kategori Lomba Karya Video Jurnalistik

Terbaik: Arif Budiman (TV One)
Nominator:
1. Tim Rajawali TV Jakarta (RTV Jakarta)
2. Theo Rizky (Tribunepekanbaru Official)
3. Cahya Ici (Siak TV)
4. Citra Indriani (Kompas TV)
5. M Yusuf (MNC TV).**/ril

 
Berita Terbaru >>
Gandeng UIR dan Ade Hartati, FJPI Riau Gelar Dialog Bedah RUU KUHP
Jonwir: Partai Final Digelar Jum'at Depan
Pererat Silaturahmi, IKA SMPN 12/14 Pekanbaru Taja Pertandingan Volly Antar Kelas
HUT ke -12, IKTS Kukuhkan Ketua Umum serta Pengurus
Prada Deri Pemutilasi Kekasih Menangis Dengar Vonis Seumur Hidup dan Dipecat dari TNI
Akibat Kabut Asap Penetbangan di Bandra SSK II Pekanbaru Belum Normal
FJPI Riau Gelar Aksi Sosial Peduli Asap dengan Membagikan 4000 Masker
FJPI Riau Gelar Aksi Sosial Peduli Asap dengan Nembagikan 4000 Masker
Pemuda Masjid Muawwanah Gelar Pawai Obor dan Jalan Sehat
Mau Irit, Pakai Pertamax
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com