Jum'at, 28 Februari 2020
Follow:
Home
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
Jumat, 21/06/2019 - 12:28:48 WIB
 
 

SUMBAR - Jengkol varietas bareh dan lokan mulai dikembangkan Pemkab Pesisir Selatan, Sumbar. Jengkol dua varietas ini diklaim sebagai terenak se-Indonesia, berdasarkan penelitian Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat.

"Pengembangan dimulai pada tahun ini karena dua varitas jengkol tersebut kondisinya sedang berbuah," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan Alfriyendri di Painan, Sumatera Barat, Jumat.

Alfriyendri juga mengatakan pekan depan pihaknya akan turun ke Kecamatan Air Pura tempat di mana batang pohon jengkol itu tumbuh, sekaligus untuk membicarakan rencana pengembangan ke pemiliknya.

"Jika ditemukan kesepakatan maka kegiatan selanjutnya akan dianggarkan dananya pada APBD perubahan tahun ini," kata  Alfriyendri.

Dengan adanya pengembangan ini pihaknya berharap varitas jengkol yang pertama kali disertifikasi di Indonesia itu bisa berkembang baik di daerah setempat maupun di daerah lainnya.

Selain itu, upaya mempopulerkan kedua varitas jengkol ini akan mampu mendongkrak harga jual, sehingga berdampak signifikan pada kesejahteraan petani pembudi daya.

Sebelumnya jengkol varitas Bareh dan Lokan yang tumbuh di Pesisir Selatan, Sumatera Barat selain diklaim jengkol terenak se-Indonesia juga memiliki kadar kapur yang berisiko kecil membuat konsumen sakit perut.

Indukan jengkol ini memiliki kadar amilosa rendah dan hanya ada tiga batang tumbuh di Pesisir Selatan, satu batang indukan varitas Lokan dan dua batang indukan varitas Bareh.***

 
Berita Terbaru >>
Komit Tindaklanjuti MoU, Unilak Gelar Pelatihan Relawan Karhutla
HT Yakin Menang Mutlak di Desa Sialang Indah
Pengurus JMSI Riau Galang Dana untuk Bantu Pengobatan Anak Wartawan
Terharu Dibezuk HT, Sarah Calon Hafizoh Doakan HT Jadi Bupati Pelalawan
Warga Dua Desa di Teluk Meranti Satu Suara Menangkan HT
Kenang Jasa-jasa Kadispar Riau, Tiga Ruangan Pertemuan Bertukar Nama
Sebelum Menaiki Pesawat, Presiden Jokowi Berpesan Dashboard Lancang Kuning Bagus Sekali
Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
HT Minta Tidak Ada Pihak yang Intimidasi Warga dan Tim
Diduga Camat Kongkalikong, Honor RT/RW 2 Bulan Tak Dibayar
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com