Rabu, 20 November 2019
Follow:
Home
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
Jumat, 21/06/2019 - 12:28:48 WIB
 
 

SUMBAR - Jengkol varietas bareh dan lokan mulai dikembangkan Pemkab Pesisir Selatan, Sumbar. Jengkol dua varietas ini diklaim sebagai terenak se-Indonesia, berdasarkan penelitian Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat.

"Pengembangan dimulai pada tahun ini karena dua varitas jengkol tersebut kondisinya sedang berbuah," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan Alfriyendri di Painan, Sumatera Barat, Jumat.

Alfriyendri juga mengatakan pekan depan pihaknya akan turun ke Kecamatan Air Pura tempat di mana batang pohon jengkol itu tumbuh, sekaligus untuk membicarakan rencana pengembangan ke pemiliknya.

"Jika ditemukan kesepakatan maka kegiatan selanjutnya akan dianggarkan dananya pada APBD perubahan tahun ini," kata  Alfriyendri.

Dengan adanya pengembangan ini pihaknya berharap varitas jengkol yang pertama kali disertifikasi di Indonesia itu bisa berkembang baik di daerah setempat maupun di daerah lainnya.

Selain itu, upaya mempopulerkan kedua varitas jengkol ini akan mampu mendongkrak harga jual, sehingga berdampak signifikan pada kesejahteraan petani pembudi daya.

Sebelumnya jengkol varitas Bareh dan Lokan yang tumbuh di Pesisir Selatan, Sumatera Barat selain diklaim jengkol terenak se-Indonesia juga memiliki kadar kapur yang berisiko kecil membuat konsumen sakit perut.

Indukan jengkol ini memiliki kadar amilosa rendah dan hanya ada tiga batang tumbuh di Pesisir Selatan, satu batang indukan varitas Lokan dan dua batang indukan varitas Bareh.***

 
Berita Terbaru >>
DPMPTSP Pekanbaru Raih Predikat Layanan Prima Seluruh Indonesia
Pengembangan Kota Hijau dan Transportasi Ramah Lingkungan Wako Terima Kunjungan Delegasi CIMT-GT
Pekanbaru Turut Berpartisipasi pada Karnaval Budaya
Pekanbaru Raih Sertifikasi Tertinggi RBRA Dari Kementerian PPPA
Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Platinum Tahun 2019
Wako Lonching Aplikasi Pembayaran Pajak Daerah Melalui E Channel
Kemenpora Tetapkan Pekanbaru Kota Layak Pemuda
Hasil Riset Asian Development Bank, 22 Juta Penduduk Indonesia Kelaparan
Presiden: Pembangunan Infrastruktur Jangan Gunakan Barang Impor
Adele Dapat Baju dari Victoria Beckham karena Mampu Turunkan Berat Badan 19 Kg
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com