Sabtu, 24 08 2019
Follow:
Home
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Selasa, 25/06/2019 - 18:56:54 WIB
 
 

PEKANBARU- HUT Kota Pekanbaru ke-235 berlangasung semarak. Berpusat di Komplek Perkantoran  Pemerintah Kota Pekanbaru di Tenayan Raya, upacara peringatan yang ke 2 abad lebih ini berlangsung khidmad.

Pada kesempatan itu, berbagai kegiatan dilakukan diantaranya bazar yang diselenggarakan oleh Pemko Pekanbaru.

Seluruh lapisan masyarakat antusias mengikuti acara itu. Melalui UPPKS Kelurahan berbagai produk unggulan setiap daerah di tunjukkan untuk meningkatkan Program Kerja yang telah ada.

Sehingga semakin banyak produk unggulan semakin besar peluang dan potensi masyarakat yang harus dikembangkan.

Bazar tersebut langsung disambangi Asisten I, Azwan bersama Kadisdalduk dan KB Kota Pekanbaru, M Amin.

Mereka memantau ke  Stan Bazar UPPKS Rezeki Berkah Bersama Kelurahan Air Dingin wilayah Kampung KB.

Dan acara ini juga tidak hanya sebatas memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru. Akan tetapi acara ini juga merupakan serangkaian  juga memperingati HARGANAS KE 26 -- Yang mengikut serta dalam acara itu adalah seluruh Kampung KB Kota Pekanbaru.

"Harapan untuk Kota Pekanbaru semoga semakin jaya dengan terwujudnya Smart City Madani. Sehingga melahirkan kader-kader yang cerdas yang bisa memanfaatkan dan memberdayakan lingkungan agar menjadi potensi besar untuk setiap daerah" kata Sri di sela-sela acara itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar kegiatan Aksi Bersih Sungai Siak. Aksi bersih ini Dipimpin langsung Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, ribuan orang antusias ambil bagian dalam upaya menunjukkan kepedulian terhadap kebersihan sungai terdalam di Indonesia itu.

Lokasi aksi bersih ini diadakan dimulai dari Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru hingga Rumah Singgah Tuan Kadi. Acara ini dihadiri Forkopimda Pekanbaru, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat dan dibuka oleh Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi.

Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Pekanbaru diketahui saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan. Sungai Siak merupakan sungai yang paling dalam di Indonesia, namun daerah aliran sungai (DAS) Siak saat ini termasuk DAS kritis, kawasan rawan bencana banjir dan longsor, erosi, dan pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran.

Salah satu yang mencemari Sungai Siak adalah sampah organik dan non organik serta tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok. Pada kesempatan ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru memberikan perahu fiber kepada Forum Batang Siak yang merupakan kelompok masyarakat peduli sungai serta bibit pohon kepada masyarakat dan peserta aksi bersih sungai.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan aksi bersih sungai yang dipimpin Wako Pekanbaru. Dengan perahu karet Basarnas, Wako bersama tim membersihkan gulma yang ada di sepanjang tepian Sungai Siak. Aksi ini juga dilakukan oleh tim lainnya menggunakan perahu karet dari BPBD serta perahu masyarakat sekitar. Selain di sungai juga dilakukan aksi bersih di sempadan Sungai Siak

Aksi bersih Sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih Sungai Siak.

Alhamdulillah di hari jadi ke-235 Kota Pekanbaru, kami mengajak masyarakat mengenang sejarah. Bahwa lahirnya Kota Pekanbaru berkaitan erat dengan batang Siak, yang sekarang populer disebut Sungai Siak. Jadi Sultan Siak V, Sultan Muhammad Ali Muazamsyah pendiri Kota Pekanbaru 235 tahun lalu. Hari ini Sungai Siak masih menjadi sungai pemberi barokah bagi warga Pekanbaru. Dan potensinya tehadap ekonomi dan pembukaan lapangan kerja sangat besar, papar Wali Kota.

Di era industri pariwisata sebagai primadona dalam mendapatkan devisa seperti sekarang, Wali Kota menyebut pariwisata Pekanbaru yang berbasiskan MICE perlu dikembangkan didukung destinasi, salah satunya Sungai Siak. Oleh sebab itu wisata air dan kota di tepi air, water front city akan jadi prioritas dalam pembangunan. Dan kita sudah merancang kerja sama dengan eks Pelindo di eks pelabuhan itu akan dikelola bersama komunitas yang ada di sini, tuturnya.

Untuk pengembangan pula, Pemko Pekanbaru akan menggandeng pihak yang berpengalaman mengembangkan sungai di Melaka, Malaysia. Pengembang dari Malaysia yang berpengalaman mengelola Sungai Melaka dari sungai yang tidak ada apa-apanya menjadi potensi ekonomi yang sangat hebat. Maka 235 tahun ini kita kembali ke batang Siak untuk mengenang sejarah dan menggali potensi sungai Siak sebagai sumber ekonomi untuk  masa depan masyarakat Pekanbaru imbuhnya.

Aksi bersih Sungai Siak, sebut Wali Kota dua periode ini, juga sebagai bentuk dukungan terhadap program nasional Indonesia Bersih yang dicanangkan 12 menteri beberapa waktu lalu. Maka suksesnya program ini harus didukung oleh provinsi yang bersih, maka Pekanbaru ambil bagian. Ini sejalan dengan visi kita, smart environtment. Yaitu lingkungan yang aman, nyaman, damai, bersih. Maka oleh sebab itu di momentum ini menanamkan pada masyarakat mari kita pelihara lingkungan, terutama sungai dan anak-anak sungai yang berfungsi sebagai main drain (drainase utama)," ujarnya. (Adv/pemko)

 
Berita Terbaru >>
NKRI Bersyariah Rahmatan Lil Alamin

Mahasiswa Psikologi UIR Praktek Lapangan di IIUM Selangor
Cucu Sumantri Apresiasi Dukungan Pemkab Rohil
'Air Janggi - Meniti Langkah' Ceritakan Rusaknya Lingkungan Sungai di Riau
Bupati Inhu Harap Wartawan Terus Tingkatkan Kompetensi
Pemko Pekanbaru Sabet Predikat KLA Kategori Nindya
Sukiman: ISQ Syekh Ibrahim Pabrik Akhlak Islami
Disnakbun Rohul Imbau Masyarakat Asuransikan Hewan Ternak
DKP Siak Gelar Lomba Pangan Lokal dan Cipta Menu
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com