Sabtu, 14 Desember 2019
Follow:
Home
Gubri Buka Festival Gasing Internasional di Siak
Senin, 15/07/2019 - 19:34:42 WIB
  Gubri Drs H Syamsuar tiba di lokasi tempat digelarnya Festival Gasing Internasional Kedua di Kabupaten Siak.  


KLIKRIAU.COM, SIAK - Setelah perdana dilaksanakan pada tahun 2018 lalu, Tahun ini Pemerintah Kabupaten Siak kembali melaksanakan Festival Gasing Internasional yang ke-2, dan dibuka secara resmi oleh orang nomor satu Bumi Lancang Kuning Gubernur Riau Syamsuar.

Dalam sambutannya, Bupati Siak Alfedri mengatakan dengan akan dibukanya Festival Gasing Internasional yang ke-2 oleh Gubernur Riau, semoga memberikan motivasi kepada seluruh club Gasing tradisional yang ada di Siak, dan di seluruh Daerah, untuk terus melestarikan permainan tradisional ini.

"Permainan Gasing merupakan permainan tradisional yang tumbuh dan berkembang di Daerah Melayu, sehingga kita harus bisa mempertahankan dan melestarikan permainan tradisional ini," ajak Alfedri, saat pembukaan Festival Gasing Internasional ke-2, di Taman Tengku Syarifah Aminah, Kecamatan Siak, Jum’at malam (12/7). 

Untuk tahun ini, tambahnya, meskipun baru dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, alhamdulilah sudah ada negara luar yang ikut serta, dan juga banyak daerah didalam maupun di Provinsi Riau yang ikut ambil bagian.

"Semoga dengan adanya Iven ini, akan menimbulkan minat masyarakat maupun generasi muda khususnya di Siak, untuk kembali bermain Gasing dan permainan tradisional lainnya". 

Sementara, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mengungkapkan rasa bangganya kepada Siak, karena telah berusaha untuk terus melestarikan permainan tradisional melalui Festival Gasing Internasional ini. "Sebagai daerah pariwisata, saya sangat bangga Siak masih bisa melaksanakan kegiatan festival Gasing Internasional ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan Daerah, melalui permainan tradisional yang juga merupakan permainan asli melayu," kata Syamsuar. 

Syamsuar juga mengatakan, dengan adanya iven gasing bertaraf International ini mampu mengangkat pariwisata di Kabupaten Siak. Olahraga ini merupakan permainan rakyat yang ada sejak dahulu dan permainan gasing ini pun telah mendunia. "Permainan gasing ini harus dipertahankan, apalagi permainan ini sangat mengandalkan kemampuan pemainnya," kata Syamsuar dalam sambutannya. 

Dilain pihak, Ketua Pergasi Pusat Agus MD mengungkapkan harapannya terkait dengan pelaksanaan Festival Gasing Internasional ini. "Saya berharap untuk kedepannya akan dibangun Gelanggang Gasing di Siak, sehingga akan menimbulkan semangat dan motivasi bagi masyarakat sekitar agar kembali mengembangkan permainan Gasing," ucap Agus. 

Agus MD juga mengucapkan terimakasih telah diundang pada pembukaan Gasing Internasional ini, semoga kedepannya ivent ini akan terus berkembang dan semakin banyak peserta yang mengikuti nya. 

Festival Gasing Internasional ke-2 tahun 2019, akan dilaksanakan dari tanggal 12 hingga 14 juli 2019. Dan diikuti oleh 28 tim yang terbagi 16 tim Gasing Berembang , yang diikuti oleh club Luar negeri yakni Singapura dan luar Provinsi Tanjung Balai Karimun dan dalam Provinsi Pekanbaru, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Siak, dan 12 tim Gasing Jantung luar Provinsi yakni Tanjung Balai Karimun, Rohul, Inhu dan Inhil.(rls)

 
Berita Terbaru >>
Wali Kota Hadiri Pisah Sambut Kapolresta Yang Baru
DPMPTSP Pekanbaru Raih Predikat Layanan Prima Seluruh Indonesia
Pengembangan Kota Hijau dan Transportasi Ramah Lingkungan Wako Terima Kunjungan Delegasi CIMT-GT
Pekanbaru Turut Berpartisipasi pada Karnaval Budaya
Pekanbaru Raih Sertifikasi Tertinggi RBRA Dari Kementerian PPPA
Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Platinum Tahun 2019
Wako Lonching Aplikasi Pembayaran Pajak Daerah Melalui E Channel
Kemenpora Tetapkan Pekanbaru Kota Layak Pemuda
Hasil Riset Asian Development Bank, 22 Juta Penduduk Indonesia Kelaparan
Presiden: Pembangunan Infrastruktur Jangan Gunakan Barang Impor
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com