Senin, 27 Januari 2020
Follow:
Home
Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Empat Ekor Bayi Singa Afrika
Senin, 16/12/2019 - 07:12:31 WIB
 
 


PEKANBARU - Daerah (Polda) Riau berhasil menggagalkan penyelundupan empat bayi singa Afrika dan seekor leopard bersama 58 kura-kura Indiana Star bernilai ratusan juta rupiah.

Dalam kasus ini polisi juga telah menangkap dua orang warga Pekanbaru dengan peran berbeda. Tersangka Y berperan sebagi kurir yang membawa dari perairan Dumai ke Pekanbaru. Untuk tersangka Is, berperan sebagai pengendali Y.

Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi dalam keterangan persnya di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (15/12/2019) mengatakan bahwa seluruh satwa yang dilindungi itu disita dari tangan dua tersangka sindikat perdagangan hewan internasional.

Menurut Agung, satwa dilindungi itu diselundupkan dari pelabuhan tikus tidak jauh dari kantor imigrasi Kota Dumai, Riau dari perairan Malaysia. Secara geografis, Dumai memang berbatasan langsung dengan negeri jiran itu.

Bayi singa dan leopard malang yang masih berusia di bawah satu tahun itu kemudian dibawa ke Kota Pekanbaru menggunakan minibus, Avanza dengan tujuan akhir Lampung.

Usai penangkapan itu, pada Sabtu malam Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau turut menyelamatkan tiga ekor orangutan. Satwa dilindungi itu ditemukan di pinggiran Kota Pekanbaru, yang ditinggalkan orang tak dikenal. Agung mengatakan polisi masih mendalami temuan orangutan itu dengan jaringan yang diungkap sebelumnya.

Agung menegaskan bahwa Polda Riau masih akan memburu pelaku lainnya hingga tuntas. Menurut dia, kasus ini tidak akan berhenti di dua tersangka ini.

"Ini bentuk kejahatan terorganisir dengan sistem terputus. Satu dengan lainnya memiliki tugas dan perannya masing-masing. Saya akan sampaikan setelah semuanya terungkap," tegasnya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau AKBP Andri Sudarmadi kepada wartawan menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan pengintaian hingga sebulan lamanya sebelum akhirnya membongkar sindikat itu pada Sabtu kemarin.

Andri yang langsung memimpin penangkapan itu menuturkan telah mengintai tersangka sejak membawa satwa yang disimpan dalam sejumlah keranjang merah, biru, dan cokelat tersebut sejak dari Dumai, Sabtu dinihari.

Saat ini bayi singa, leopard, kura-kura dan orangutan dievakuasi ke kebun binatang Kasang Kulim, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan seluruh satwa itu dalam kondisi baik.***/Antara

 
Berita Terbaru >>
Tim Pemenangan HT Mantap Serahkan Bantuan Pada Perguruan Kera Sakti
IKLA Pelalawan Dukung HT Jadi Bupati
Marga Saragih Garingging Dukung HT Jadi Bupati Pelalawan
Husni : Ibarat Membangkit Batang Terendam
Husni Thamrin: Tak Ada yang Mesti Ditakuti dan Menakuti Kami
DPRD Pekanbaru Sesalkan Anggaran Pemeliharaan Jalan Dipangkas
Melawan Saat Ditangkap, Komandan KKB Papua Ditembak Mati
Di Simpang Lobuh, Husni Janji Lakukan Pemerataan Pembangunan
Ikut Jokowi ke Labuan Bajo, Kapal Rombongan Wartawan Terbalik
Syamsir Bakar Semangat Pendukung Lewat Pantun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com