Rabu, 27 Mei 2020
Follow:
Home
Menikmati Pesona Air Terjun Guruh Gemurai di Kuansing Riau
Jumat, 03/01/2020 - 09:34:08 WIB
 
 

PEKANBARU - Para traveler layak menjajal keindahan destinasi wisata yang ada Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau ini, yakni air terjun Guruh Gemurai yang berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, atau sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Kuansing arah Kiliran Jao yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Jika datang dari Pekanbaru, kita akan menempuh perjalanan lebih kurang empat jam menggunakan kendaraan roda empat untuk sampai di lokasi dan air terjun ini berada sekitar 3 kilometer dari pinggir jalan lintas Kuansing-Kiliran Jao.

Begitu sampai di lokasi, lihatlah, air terjun Guruh Gemurai terlihat begitu memesona dan menjadi magnet bagi wisatawan. Lokasi ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan, khususnya hari libur. Sejak pagi hingga sore, tak hentinya masyarakat dari berbagai kalangan yang datang ke sana.

Dari jarak sekitar 100 meter, gemercik air terjun sudah terdengar. Air Terjun Guruh Gemurai memiliki ketinggian sekitar 20 meter, hingga tingkat paling atas. Ada tujuh tingkat air terjun Guruh Gemurai dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu di tingkat pertama. Selain bentuknya yang memesona, bagian bawahnya terdapat seperti kolam renang. Pada bagian kiri kanan air terjun terdapat bebatuan dan hutan yang masih alami. Udara terasa begitu sejuk dan begitu nyaman.

Untuk menuju bagian bawah air terjun, pihak pengelola membuat tangga beton, agar akses menuju lokasi biar lebih aman. Pengunjung harus berhati-hati karena tangganya cukup curam. Kemudian, untuk mencapai tingkat air terjun lainnya, para pengunjung bisa berjalan meniti tangga di pinggir bebatuan. Namun, tidak semua tingkatan air terjun yang bisa dijangkau karena akses menuju ke dasar belum terkelola seluruhnya. Ada juga beberapa pengunjung yang nekat menuju ke bawah dengan memilih jalan yang aman.

Air Terjun Guruh Gemurai memang cukup istimewa. Karena selain pemandangannya yang indah, keberadaannya masih alami. Dan air terjun ini memiliki nama yang unik, Guruh Gemurai, yang diambil dari bahasa daerah setempat. Karena air terjun ini bergemuruh dengan penuh percikan air. Sumber airnya sendiri berasal dari kawasan hutan lindung Bukit Betabuh

"Guruh itu bunyi, sedangkan Gemurai berarti percikan air yang berserakan. Kalau digabung menjadi Guruh Gemurai," kata salah satu pengelola di sana. Fasilitas yang ada di sekitar lokasi air terjun, seperti kamar ganti, toilet, pentas, tempat parkir dan musala.

Patokan untuk menuju air terjun Guruh Gemurai cukup mudah dicari. Setelah melewati pasar Lubuk Jambi, di sebelah kanan jalan terlihat pintu gerbang untuk masuk ke area wisata air terjun. Pintu gerbang tersebut sekaligus berfungsi sebagai loket pembelian tiket masuk. Harga tiket masuk yang harus dibayar per orang adalah Rp. 3000,-.

Setelah membayar tiket masuk di pintu gerbang, kendaraan yang kita bawa masih harus menempuh sekitar 1 kilometer lagi di jalan aspal yang mulus untuk tiba di lokasi. Sesampainya di lokasi, kita masih harus menuruni tangga yang cukup curam dan licin agar bisa menikmati air terjun dari dekat. Di butuhkan sedikit nyali untuk menuruni tangga.

Dengan lintasan air yang cukup tinggi, kita akan mendengarkan irama percikan air yang menakjubkan dari riuhnya air terjun di Riau ini. Suasana asri pepohonan yang mengelilingi air terjun semakin memanjakan mata

Untuk menikmati indahnya objek wisata ini, kamu dikenakan tarif masuk Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak. Sementara untuk kendaraan beroda dua ada biaya parkir Rp 1.000  dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda empat.

Pengunjung yang tidak ingin berenang juga tidak perlu khawatir, karena tempat ini juga bagus untuk lokasi berselfie ria, sehingga bisa menambah koleksi foto yang instagramable.****/zie

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com