Sabtu, 30 Mei 2020
Follow:
Home
Prihatin dengan Kondisi Bengkalis, Tokoh Riau Siap Turun Gunung
Selasa, 03/03/2020 - 11:29:36 WIB
 
 

PEKANBARU- Krisis sosial politik dan ekonomi yang terjadi di Bengkalis akhir akhir ini, memicu adrenalin Fauzi Kadir untuk angkat bicara mendinginkan situasi dan memberi solusi. 

Hal ini bukan semata- mata mengindikasikan ada kepentingan pribadi, namun "karena secara historis',  kata anak dari tokoh pendiri Merbau Bengkalis ini, dia merasa miris dan prihatin melihat sikon Bengkalis pasca ditahannya Bupati Amril Mukminin oleh KPK belum lama ini. 

Situasi ini semakin runyam manakala Wabup Bengkalis Muhammad terlilit kasus hukum pula. 'Terus terang Saya sedih melihatnya. Pemimpin yang kena, rakyat juga terimbas. Ini tidak boleh dibiarkan berlarut larut. Muhammad yang secara legal telah diberi amanah musti strong dan fokus ngurusin rakyat. Jangan bercabang lagi pikiran, biarkan proses hukum berjalan dan Saya yakin masih ada keadilan hukum di negeri ini, " ucap Fauzi, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/3/2020).

Tokoh Riau yang memiliki hubungan pertemanan cukup dekat dengan Mahfud MD ini, mengatakan saat ini rakyat Bengkalis harus berkarya dan bersinergi dengan pemerintah. Demo tidak ada yang larang dan itu penting untuk mengontrol pemerintah jika pemerintah bertindak otoriter dan tidak pro rakyat. 

"Tapi kalau demo terus, habis juga energi kita, dan bupatinya (Plt. Bupati Muhammad--red) bisa gak fokus bekerja di sisa masa jabatannya. Untuk itu, saya imbau kepada rakyat Bengkalis mari bergandengan tangan memulihkan loading Bengkalis yang sekian lama mengalami ketertinggalan. Sampaikan aspirasi kalian, apa saja yang menjadi skala prioritas, saya yakin Plt. Muhammad mampu mengakomodir itu semua demi kepentingan seluruh masyarakat, " ungkap Fauzi. 

Jika diperlukan, ujar Fauzi, dia siap turun gunung membantu dengan memberikan masukan masukan terkait sosial, budaya, politik dan yang terpenting dan mendesak ekonomi rakyat Bengkalis yang terpuruk dalam beberapa tahun terakhir. 

"Tidak mesti bergantung ke APBD atau APBN, karena dua instruments ini secara alamiah dan legal pasti ada setiap tahun. Sekarang, apalagi memasuki era revolusi industrial 4.0 sudah saatnya Pemimpin dan rakyat berkarya, berinovasi serta berfikir pola out of the box, keluar dari kotak birokrasi, melompat jauh menuju Bengkalis yang maju dan berkeadilan, " ucap Fauzi, mantan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN)  Riau yang memiliki relasi kuat dengan tokoh nasional Amin Rais ini. 

Dikatakan, Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu lokomotif di Riau. Tapi kata Fauzi, dia tidak melihat itu. Menurutnya itu hanya sebatas isu yang isinya kosong. 

"Saya terenyuh dengan apa yang disampaikan kawan-kawan di Bengkalis yang menceritakan kondisi kekinian daerah penghasil tersebut. Mestinya ada pembicaraan menyangkut hal tersebut. Kan ironis, kita sakit tapi tak merasa sakit. Jadi, jika kita tak mengeluarkan inner energy kita, maka padam lah semuanya," ucapnya. 

Lantas solusi seperti apa yang bisa mengembalikan ke kondisi normal? Kata Fauzi, ajak rakyat untuk berdialog guna membahas semua permasalahan. "Saya siap jika diminta untuk melakukan dialog dengan saudara saudaraku di Bengkalis. Ayo, pak Muhamnad jangan biarkan rakyat berlama lama tersiksa, sebagai pemimpin Anda harus berdiri di depan men drive dan menggerakkan lokomotif yang sekian lama macet, saya yakin Anda mampu dan akan di back up masyarakat, 'ucap Fauzi. 

Sebagai leader, lanjut Fauzi, Muhammad  harus "force power" untuk menunjukkan kemampuannya. 

"Pertama, rakyat sudah harus merumuskan dirinya. Baik itu yang terkait dengan persoalan ekonomi atau politik. Kalau soal hukum, biarlah berjalan jangan diganggu lagi. Kedua, semua pihak harus menahan diri. Dewan melakukan tugas-tugas legislatifnya, bupati jalankan program-program kerakyatannya. Ayo kita semua melakukan rekonstruksi ulang. Jangan lagi kita bicara soal pluraisme," pungkas Fauzi.(*)

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com