Jumat, 18 Oktober 2024
Follow:
Home
IDEA Ingatkan KPU Benahi Aplikasi Sirekap untuk Pilkada 2024
Sabtu, 06/Juli/2024 - 16:45:22 WIB
  Senior Programme Manager of International IDEA, Adhy Aman. (ANT)
 
TERKAIT:
   
 
JAKARTA (KLIKRIAU.COM) - International Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk segera membenahi aplikasi Sirekap sebelum kembali digunakan sebagai ujung tombak penghitungan suara pada Pilkada 2024.

Senior Programme Manager of International IDEA, Adhy Aman, menegaskan bahwa aplikasi Sirekap masih jauh dari memuaskan ketika digunakan pada Pemilu 2024.

 "Mengingat semakin dekatnya Pilkada 2024 dan banyaknya hal yang masih harus dipersiapkan, besar kemungkinan Sirekap belum bisa diterapkan secara optimal pada 2024," ujarnya dalam diskusi publik di Jakarta Pusat, Sabtu (6//7/24).

Adhy memberikan beberapa saran pembenahan yang harus dilakukan KPU terhadap aplikasi Sirekap. Pertama, KPU harus transparan dengan konsep ataupun rancangan aplikasi yang akan digunakan. "Hal tersebut harus dilakukan agar masyarakat tidak curiga dengan aplikasi tersebut," kata Adhy.

Kedua, KPU harus melakukan uji coba aplikasi secara berulang sebelum digunakan dalam penghitungan suara. "Uji coba tidak kalah penting lantaran pada pilkada tahun lalu banyak kesalahan sistem yang dialami Sirekap," tambahnya.

Ketiga, seluruh petugas pemilu di berbagai wilayah harus diberikan pelatihan materi maupun praktik tentang aplikasi tersebut. "Pelatihan harus diberikan kepada petugas jauh sebelum penghitungan suara dilakukan," jelas Adhy.

Terakhir, Adhy menegaskan bahwa jika tiga poin sebelumnya tidak bisa dilakukan, KPU harus mengakui bahwa Sirekap belum siap menjadi alat bantu resmi. "Adanya pengakuan dan kesadaran bahwa Sirekap masih akan belum siap menjadi alat bantu yang resmi, apalagi untuk menggantikan proses manual," kata Adhy.(*)

Sumber : Antaranews.com

 
Berita Terbaru >>
PGRI Riau Adakan Sosialisasi Perlindungan Hukum bagi Kepala Sekolah
Kompetensi Wartawan Kunci Utama Kualitas Jurnalisme Indonesia
Mewujudkan Keadilan dan Keberanian dalam Jurnalisme Media Siber di Tanah Air
PDIP Masih Buka Peluang Masuk Kabinet Prabowo
Kejari Bengkalis Tingkatkan Penyidikan Korupsi Tambak Udang
Antusiasme Warga Pasir Limau Kapas Sambut Cabup-Cawabup Rohil di Tengah Hujan
BPBD Riau Imbau Warga Waspada di Musim Peralihan
Pilkada Rohil Memanas, IKBR Serukan Jaga Toleransi
Pemko Pekanbaru dan LPM Mantapkan Sinergi Pemberdayaan Masyarakat
Menko PMK Muhadjir Effendy Resmikan Rusunawa Universitas Muhammadiyah Riau
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com